Legislator Irak Bantah Isu Pengusiran al-Hashd al-Shaabi dari Zona Hijau Baghdad

0
74

Baghdad,LiputanIslam.com-Anggota Komisi Keamanan dan Pertahanan Parlemen Irak, Kathi’ al-Rukabi menepis rumor terkait pengusiran al-Hashd al-Shaabi dari Zona Hijau. Ia menegaskan, PM Irak tidak pernah mengeluarkan instruksi semacam ini.

“Al-Hashd al-Shaabi adalah bagian dari pasukan resmi Pemerintah Irak. Instruksi pengusirannya dari sebuah kawasan berarti meliputi pasukan-pasukan Pemerintah lainnya,”kata al-Rukabi kepada Baghdad al-Youm.

“Washington secara rutin berusaha melenyapkan al-Shaabi dan mendiskreditkannya, baik secara langsung atau tidak langsung, melalui pasukan sibernya. Pemerintah Irak dijatuhkan setiap hari di medsos lantaran banyaknya rumor yang tersebar, yang tujuannya adalah menakut-nakuti warga,”imbuhnya.

“Pergerakan militer di dalam Zona Hijau berjalan secara alami dan sesuai dengan protokol untuk menjamin keamanan kawasan itu. Tidak ada pergerakan aneh yang terjadi.”

Ia menambahkan, kelompok-kelompok Perlawanan dengan berbagai labelnya tidak terlibat dalam operasi-operasi yang mengincar Tentara AS. Namun, kata al-Rukabi, mereka berkomitmen dengan janji yang mereka buat. Jika Tentara AS tidak angkat kaki dari Irak, kelompok-kelompok Perlawanan serius untuk mewujudkan janji mereka.

Al-Rukabi menegaskan, Tentara AS di mata warga Irak adalah “anasir yang tak diinginkan.” PM Irak berpeluang untuk mengeluarkan pasukan asing ini sesuai prinsip konstitusional dan diplomatik. Jika tidak, maka rakyat yang akan turun tangan. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Para Pejuang Irak Setujui Penangguhan Serangan terhadap Pasukan AS

Relawan Irak Gagalkan Upaya “Angen Mossad” Ledakkan Makam Abu Mahdi al-Muhandis

 

DISKUSI: