Lebanon Jadi Target Konspirasi karena Dukung Resistansi

0
691

Beirut,LiputanIslam.com-Seorang anggota senior Hizbullah mengutarakan pandangannya soal dalang krisis yang terjadi di Lebanon saat ini.

Menurut anggota Dewan Pusat Hizbullah, Hasan al-Baghdadi,, AS dan Rezim Zionis adalah aktor utama carut marut politik dan ekonomi negaranya.

Ia menjelaskan, konspirasi ini dilakukan atas dua alasan. Pertama adalah untuk menghukum bangsa Lebanon atas kemenangan mereka di hadapan Zionis dan Takfiri, yang terwujud karena mereka memilih opsi perlawanan; opsi yang telah menciptakan daya tangkal di hadapan musuh.

Adapun alasan kedua, lanjut al-Baghdadi, adalah niat musuh-musuh Lebanon untuk membuat negara ini bertekuk lutut terkait penentuan perbatasan, agar bisa dijadikan perlintasan aman untuk penjarahan gas serta minyak.

Menurut al-Baghdadi, semua klaim musuh tentang faktor krisis ini tak lebih dari omong kosong belaka. Ia menambahkan, sangat disayangkan bahwa sebagian orang yang menyebabkan blokade atas Lebanon adalah para pejabat negara sendiri; orang-orang yang merampok Lebanon dan menebar kebencian di tengah putra-putra negara ini.

Selain atmosfer politik yang ricuh, Lebanon juga terpuruk oleh krisis ekonomi hebat. Merosotnya nilai mata uang Lebanon di hadapan dolar, meningkatnya pengangguran, dan kelangkaan BBM adalah beberapa dari masalah ekonomi yang dihadapi negara tersebut.

Beberapa waktu lalu, Hizbullah berinisiatif mengimpor BBM dari Iran. Meski mendapat penentangan dari sejumlah pihak dalam dan luar negeri, langkah Hizbullah ini mendapat apresiasi dari rakyat Lebanon. (af/fars)

Baca Juga:

PM Lebanon: Hizbullah Berhak Beraktivitas seperti Partai-partai Politik Lain

Gempar, Senator AS Tuding Israel dan Saudi Dalang Pembunuhan Mantan PM Lebanon

DISKUSI: