Gempar, Senator AS Tuding Israel dan Saudi Dalang Pembunuhan Mantan PM Lebanon

0
276

Washington, LiputanIslam.com –  Senator terkemuka Amerika Serikat (AS) Chuck Grassley menuding Arab Saudi terlibat dalam serangan teror besar yang menewaskan mantan perdana menteri Lebanon Rafik Hariri.

Dikutip Al-Alam, Kamis (16/12), Grassley yang mewakili negara bagian IOWA dan menjabat sebagai ketua Komisi Hukum Senat AS dalam wawancara dengan majalah Politico mengatakan, “Beberapa dokuman yang didapat belakangan ini mengungkap bahwa Israel telah melancarkan operasi pembunuhan mantan presiden Rafik Hariri dengan bantuan Saudi.”

Dia menjelaskan, “Ada beberapa petunjuk pasti yang membuktikan peranan langsung Saudi dalam operasi-operasi teror, termasuk pembunuhan Rafik Hariri… Saudi juga berperan dalam penguatan terorisme di AS dan Eropa.”

Grassley mengaku akan terus bergerak dalam koridor Penegakan Hukum Terhadap Pendukung Teroris (Against Sponsors of Terrorism Act/JASTA), undang-undang yang memungkinkan keluarga korban serangan 11 September 2001 menuntut Pemerintah Arab Saudi.

Dia juga mengatakan akan terus bekerja bersama rekan-rekannya di Senat untuk mendukung penegakan hukum itu meski mendapat penentang dari Gedung Putih.

Rafik Hariri tewas dalam serangan dahsyat bom truk bunuh diri di Beirut dibunuh pada 14 Februari 2005. Hizbullah dan Iran dijadikan sebagai kambing hitam oleh para musuh keduanya. (mm/alalam)

Baca juga:

Rusia: Pertahanan Udara Suriah Rontokkan 7 dari 8 Rudal Israel dalam Serangan Terbaru

Ansarullah Yaman Gempur Hanggar Pesawat Saudi di Lanud King Khalid

DISKUSI: