Latihan Perang Iran-Rusia-Tiongkok, Apa Pesan di Baliknya?

0
128

London,LiputanIslam.com-Seorang anggota senior Royal United Services Institute (RUSI) di Inggris menyatakan, latihan perang segitiga Iran,Rusia, dan Tiongkok mengirim pesan bahwa “pengaruh AS di kawasan sudah mulai pudar.”

“Latihan perang gabungan ini sudah sangat diperhitungkan. Ketiga pemain di dalamnya sama-sama mendulang kesuksesan. Iran mengklaim sebagai kekuatan regional; Rusia memamerkan perannya sebagai pemain kunci di Timur Tengah; dan Tiongkok menunjukkan diri sebagai kekuatan maritim di dunia,”kata Jonathan Eyal kepada Financial Times.

Ia menambahkan, pesan strategis dari latihan perang segitiga ini adalah bahwa tiga negara inilah yang menentukan perkembangan di kawasan.

Di pihak lain, jubir kemenlu AS mengatakan kepada Financial Times, bahwa Iran mesti merevisi keputusannya bergabung dalam latihan perang tersebut. Dia mengklaim, langkah ini pasti membuat khawatir semua negara yang berkepentingan untuk menjaga keamanan lalu lintas kapal di kawasan.

Latihan perang segitiga ini telah dimulai sejak Jumat (27/12) dan akan berlangsung selama 4 hari di utara Samudera Hindia dan Laut Oman.

Aboul Fazl Shekarchi (jubir angkatan bersenjata Iran) mengumumkan, latihan perang ini diadakan guna memperkuat dan menambah pengalaman dalam mewujudkan keamanan perdagangan maritim internasional di kawasan.

Membasmi terorisme dan bajak laut juga disebutnya sebagai tujuan lain latihan perang gabungan itu. Shekarchi menegaskan, manfaat latihan perang ini, yaitu stabilitas keamanan maritim, akan turut dirasakan semua negara di dunia. (af/irna)

Baca Juga:

ISIS Rilis Video Eksekusi 11 Kristen di Nigeria

Pemerintah Libya Resmi Minta Intervensi Militer Turki untuk Melawan Pasukan Haftar

DISKUSI: