ISIS Rilis Video Eksekusi 11 Kristen di Nigeria

0
184

Abuja, LiputanIslam.com –  Kawanan teroris ISIS merilis video yang mereka klaim merekam aksi para anggotanya mengeksekusi 11 warga Kristen di Nigeria.

Cabang ISIS di Afrika barat itu memosting rekaman ke Telegram pada Jumat malam (28/12/2019), yang memperlihatkan sejumlah pria berseragam dan bertopeng hitam memenggal kepala 10 sandera yang ditutup matanya dan menembak satu sandera lainnya.

Kelompok yang menamakan dirinya Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP), yang merupakan sebuah faksi Boko Haram, tidak memberikan rincian identitas para korban, tetapi sebuah video sebelumnya menyebutkan bahwa mereka telah diculik dari negara bagian timur laut Borno dan Yobe, tempat para gerilyawan bercokol dan melakukan pergerakan selama bertahun-tahun untuk mendirikan apa yang mereka sebut negara Islam.

Mengenai alasan eksekusi itu, seorang anggota unit media kelompok itu menyatakan bahwa aksi itu merupakan balasan atas tewasnya pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

“Kami membunuh mereka sebagai pembalasan atas pembunuhan para pemimpin kami, termasuk Abu Bakar al-Baghdadi dan (juru bicara ISIS) Abul-Hasan al-Muhajir,” ujarnya, seperti dikutip Ahmad Salkida, wartawan yang pertama kali mengirim rekaman itu.

Presiden Nigeria Muhammad Bukhari mengaku sedih dan terkejut atas pembantaian sandera yang tidak bersalah itu.

“Kita tidak boleh membiarkan teroris memecah belah kita dengan menghasut orang Kristen melawan Muslim karena pembunuh biadab ini tidak mewakili Islam,” seru Bukhari dalam sebuah pernyataan.

Dia berjanji untuk “terus mengintensifkan upaya untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi internasional” terhadap para teroris yang mengaku sebagai jihadis.

Kawanan teroris mengintensifkan kekerasan mereka dalam beberapa hari terakhir di timur laut Nigeria.

Tujuh orang terbunuh dan seorang gadis remaja diculik pada malam Natal dalam serangan yang dikaitkan dengan Boko Haram di desa Kristen di dekat Shibuk.

Pada hari Senin lalu setidaknya dua warga sipil tewas dan 13 lainnya luka-luka dalam serangan Negara Islam di sebuah pangkalan militer di Negara Bagian Borno.

Pada hari Minggu, enam tentara Nigeria dibunuh oleh teroris dalam serangan terhadap konvoi militer. Pada hari yang sama, sekitar 30 teroris menewaskan enam orang dan menculik lima orang setelah mereka mencegat mereka di persimpangan jalan utama. (mm/theindependent/raialyoum)

DISKUSI: