Laporan Intelijen AS: Tak Ada Tanda Iran Membuat Senjata Nuklir

0
408

Washington,LiputanIslam.com-Pemerintah AS dalam laporan terbaru yang disebut “Evaluasi Ancaman-ancaman Global” menyebut sejumlah negara yang dianggap bisa mengancam AS, seperti Iran, China, Rusia, dan Korut.

Menurut harian New York Times, bagian dari laporan yang berkaitan dengan Iran bisa memengaruhi perundingan kembalinya AS ke kesepakatan nuklir dengan Iran.

Di salah satu bagian laporan disebutkan, ”Badan-badan Intelijen menilai bahwa saat ini Iran tidak melakukan aktivitas kunci untuk membuat senjata nuklir”.

Laporan Komunitas Intelijen AS menyatakan, para pejabat Iran kemungkinan besar tidak berminat untuk berunding dengan AS tanpa adanya pengurangan sanksi.

Pemerintahan Joe Biden mengaku akan mengembalikan AS ke JCPOA, setelah Donald Trump keluar secara sepihak darinya pada 2018 lalu.

Menlu Iran, Javad Zarif dalam artikel yang dimuat majalah Foreign Affairs beberapa waktu lalu menegaskan, syarat kembalinya AS ke JCPOA adalah mencabut semua sanksi yang sudah diberlakukan (imposed), kembali diberlakukan (reimposed), atau kembali disematkan (relabeled).

Iran menyatakan pihaknya tidak terburu-buru soal kembalinya AS ke JCPOA. Teheran menegaskan, Washington sebagai pelanggar sepihak JCPOA tidak berada dalam posisi untuk menentukan syarat-syarat pelaksanaan kesepakatan tersebut. (af/fars)

Baca Juga:

Mulai Pengayaan Uranium 60 Persen, Bukti Iran Tak Bisa Diintimidasi

Iran akan Perkaya Uranium 60 Persen

DISKUSI: