Kurdi di Suriah Diingatkan agar Jangan Gantungkan Nasib kepada AS

0
229

Damaskus,LiputanIslam.com-Utusan Khusus Presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentiev menyatakan, saat ini etnis Kurdi di Suriah boleh saja mengandalkan bantuan Washington, karena memang Pasukan AS tengah berada di kawasan mereka.

Meski begitu, Lavrentiev mengingatkan bahwa AS bisa memutuskan untuk menarik pasukannya dari Suriah secara mendadak, seperti yang dilakukannya di Afghanistan.

Menurutnya, semestinya ini adalah sebuah pertanda jelas yang harus disadari orang-orang Kurdi.

Ia menyatakan bahwa Moskow terus menjalin kontak dengan pihak Kurdi. Diplomat Rusia ini menyarankan agar kelompok Kurdi berdialog dengan Pemerintah Suriah, hingga bisa meraih sebuah solusi adil dan kesepakatan-kesepakatan jelas dengan pihak Damaskus.

“Orang-orang Kurdi harus sadar bahwa mungkin saja AS akan mengambil keputusan di Suriah sama seperti keputusan penarikan pasukan dari Afghanistan. Saya percaya bahwa AS akan mengambil keputusan seperti ini,” tandasnya.

“Seperti yang kalian ingat, keputusan mundur dari Suriah sudah diambil oleh mantan Presiden AS Donald Trump, yang kemudian dikaji ulang dan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Namun saya yakin, Tentara AS bisa angkat kaki dari Suriah kapan saja.”

“Kami diberitahu Irak bahwa Baghdad bertekad untuk mengusir Tentara AS dari negaranya. Jika ini terjadi dan Tentara AS angkat kaki dari Irak, maka keberadaan mereka di Suriah akan menjadi sulit lantaran masalah logistik,” pungkasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Taliban Berjanji Tak Usik Wilayah Iran

Iran Buktikan Diri sebagai Tetangga yang Bisa Dipercayai Afghanistan

DISKUSI: