Iran Buktikan Diri sebagai Tetangga yang Bisa Dipercayai Afghanistan

0
319

Teheran,LiputanIslam.com-Staf Khusus Ketua Parlemen Iran, Hossein Amir Abdollahiyan melalui akun Twitter-nya menulis,”Perundingan dua delegasi penting di Teheran dan penegasan mereka soal penolakan terhadap intervensi asing, kekerasan, dan fokus pada jalan keluar politis, serta perdamaian, kedamaian, dan stabilitas langgeng di seluruh Afghanistan adalah hal yang patut dipuji.”

“Republik Islam Iran membuktikan dirinya sebagai teman, saudara, dan tetangga yang bisa dipercaya oleh Afghanistan,”imbuhnya.

Sementara itu, Jubir Kemenlu AS Ned Price mengakui peran penting Teheran dalam perundingan damai antar kelompok Afghanistan itu.

Dalam sebuah jumpa pers, awalnya Price enggan menjawab pertanyaan wartawan tentang peran Teheran dalam proses perdamaian di Afghanistan. Ia mengatakan,”Tetangga-tetangga Afghanistan dan negara-negara Kawasan memiliki kepentingan dalam masa depan negara itu. Mereka harus menggunakan pengaruh ini secara positif dan konstruktif.”

Dalam kelanjutan pembicaraannya, ia tidak berkomentar langsung soal Teheran yang menjadi tuan rumah pertemuan antar-Afghan usai buntunya perundingan di Qatar. Price menambahkan,”Kami mengetahui bahwa kesepakatan regional dan dukungan terhadap proses perdamaian yang dipimpin dan dimiliki orang-orang Afghanistan sangat penting untuk perdamaian yang langgeng.”

Seorang wartawan lain lalu mencoba mencari tahu sikap gamblang AS dalam masalah ini. Ia bertanya, apakah Gedung Putih menilai positif peran Iran dalam masa depan Afghanistan dan proses perdamaian di negara itu, serta optimistis terhadap peran Iran dalam proses ini?

Price menjawab, ia tidak berminat untuk menggunakan ungkapan “optimistis” atau “pesimistis”. Namun akhirnya ia mengakui peran positif Iran dalam proses perdamaian di Afghanistan.

“Saya ingin mengatakan, kami tahu tetangga-tetangga Afghanistan memiliki peran sangat penting dan menentukan dalam terwujudnya perdamaian adil dan langgeng di negara itu. Apa yang ingin dilakukan Iran dengan menjadi tuan rumah pertemuan semacam ini bisa menjadi benar-benar konstruktif,”ujar Price. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antar Kelompok Afghanistan

Ancam Israel, Pejuang Palestina: Blokade Tak Segera Dicabut, Perang Baru Dimulai

DISKUSI: