Taliban Berjanji Tak Usik Wilayah Iran

0
157

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada kantor berita Tasnim milik Iran memastikan kelompok sedang bangkit dan menguat di Afghanistan ini tak akan mengusik perbatasan Iran.

“Kami telah memastikan kepada para pejabat Iran bahwa kami sama sekali tak akan menimbulkan problema apapun pada wilayah negara jiran kami, Iran,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Kepada rakyat Iran kami berjanji mengindahkan kerukunan hidup bertetangga, menghormati prinsip kedua negara, dan kepada Iranpun kami juga berharap demikian.”

Belakangan ini, bersamaan dengan keberhasilan Taliban merebut banyak wilayah di Afghanistan mereka dilaporkan juga telah menguasai pintu perbatasan Iran dan Afghanistan di kota Islam Qala, Afghanistan.

Kamis lalu kota itu dilanda pertempuran yang membuat sebagian petugas keamanan dan karyawan bea cukai Afghanistan mengungsi ke wilayah Iran.

Di pihak lain, Jubir Kemlu Iran Saeed Khatibzadeh mengkonfirmasi berita adanya pengungsi yang masuk ke wilayah Iran, namun dia memastikan keamanan wilayah perbatasan negaranya dengan Afghanistan akan tetap terjaga.

Dalam jumpa pers, Jumat, dia mengatakan, “Dengan kepedulian pasukan penjaga perbatasan kami yang gagah berani, perbatasan Republik Islam Iran berada dalam kondisi tentram dan aman. Tak ada gangguan keamanan di perbatasan kami dengan Afghanistan.”

Senada dengan ini, seorang komandan senior Angkatan bersenjata Iran, Brigjen Reza Azariyan, yang pada Jumat pagi meninjau keadaan di kawasan Dogharoun di kawasan timur laut Iran mengatakan, “Tak ada problema keamanan di perbatasan Iran, dan dewasa ini semua perbatasan bersama Iran dengan Afghanistan di timur sepenuhnya aman.”

Di sela-sela inspeksi itu kepada Tasnim dia menambahkan, “Angkatan Darat Iran sedang menjaga perbatasan Iran dengan segenap kekuatan, dan tak akan membiarkan sedikitpun gangguan keamanan di perbatasan. Sebagaimana biasa, Angkatan Darat Iran siap malam bertanggungjawab menjaga keamanan perbatasan sehingga tak ada kerisauan sama sekali karena memang tak ada ancaman apapaun di perbatasan. (mm/tasnim/fna)

Baca juga:

Iran Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antar Kelompok Afghanistan

DISKUSI: