Israel Putus Aliran Listrik ke 19 Desa Palestina

0
105

Tepi Barat, LiputanIslam.com—Otoritas Israel pada hari Rabu (8/7) kemarin memutus aliran listrik ke 19 desa Palestina di distrik Jenin, Tepi Barat.

according to the Palestinian news agency WAFA.

Menurut informasi dari Walikota Yabad, Amjad Atatra, otoritas Israel memutus aliran listrik yang dipasok ke wilayah di bawah Yabad Electricity Authority (YEA). Pemutusan ini berdampak ke 55.000 penduduk Palestina di 19 desa. Pemadaman listrik mulai berlaku pada pukul 12 siang

Dilansir dari kantor berita WAFA, alasan pemutusan ini adalah adanya utang yang belum dibayar oleh YEA dan pemerintah kota kepada otoritas Israel.

Atatra menegaskan bahwa YEA dan pemerintah kota memiliki semua dokumen hukum yang diperlukan untuk membantah tuduhan Israel tentang utang yang belum dibayar.

Sementara itu, Ketua YEA Mohammad Abu Baker membantah bahwa YEA memiliki utang kepada pemasok listrik Israel karena lembaganya telah membayar tagihan listrik setiap bulan. Hal itu bisa dibuktikan dengan dokumen transfer bank.

Ia menyebut pemadaman listrik ini disengaja untuk memaksa kepala dewan lokal desa yang terdampak agar memutuskan hubungan dengan Otoritas Palestina dan alih-alih menjalin kerja sama dengan otoritas Israel. Hal ini dilakukan setelah pimpinan Palestina memutuskan untuk menghentikan semua bentuk koordinasi dengan Israel akibat rencana aneksasi Tepi Barat. (ra/palestinechronicles)

DISKUSI: