Komandan Terkemuka Koalisi Saudi Tewas di Ma’rib

0
374

Sanaa,LiputanIslam.com-Sumber-sumber yang berafiliasi kepada Koalisi Saudi mengumumkan, seorang komandan Koalisi Agresor bernama Nasir al-Dzibani tewas dalam pertempuran di Ma’rib.

Al-Dzibani bersama sejumlah komandan Koalisi Saudi lain tewas di front al-Balaq, Ma’rib, dalam sebuah operasi yang dilancarkan pasukan Sanaa.

Koalisi Saudi belum secara resmi mengkonfirmasi, menepis, atau menanggapi kabar ini.

Pada hari Minggu kemarin, Wamenlu Yaman Husain al-Azzi di laman Twitter-nya mencuit soal perkembangan terbaru pembebasan Ma’rib. Ia menulis, masalah Ma’rib sudah selesai. Segala yang dikatakan para antek hanyalah hiruk pikuk kosong dan kehebohan yang tak berarti.

Al-Azzi menambahkan, pembebasan Ma’rib bukan untuk melindas pihak lawan. Kedaruratan keamanan, pembasmian terorisme, dan keinginan untuk meraih perdamaian adalah faktor yang melatarbelakangi perang ini. Ia menegaskan bahwa poin mesti dipahami dengan baik.

Kendati Koalisi Saudi dibekali alutsista modern, namun mereka kewalahan menghadang gerak laju Ansharullah.

Beberapa waktu lalu, Koordinator Timteng dan Utara Afrika di Dewan Keamanan Nasional AS, Brett McGurk membela penjualan senjata kepada Saudi. Ia mengatakan, Riyadh memerlukan senjata-senjata AS untuk “membela diri.”

Kemenlu AS pada bulan lalu mengkonfirmasi adanya permintaan Saudi untuk membeli rudal udara ke udara dan komponen terkait senilai 650 juta dolar. Biro Kerja Sama Keamanan-Pertahanan AS dalam suratnya ke Kongres mengklaim, “penjualan senjata-senjata ini akan memperkuat kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS.”

Tindakan AS ini menghadapi sejumlah penentangan. Di antaranya adalah 2 anggota Kongres AS yang menulis kolom di harian Guardian pekan lalu. Mereka mengakui bahwa jet-jet Saudi dengan bantuan AS membombardir Yaman. Mereka pun mendesak agar agresi ini dihentikan.

Dalam sebuah pertemuan di Washington Kamis kemarin, McGurk berkata,”Saudi membutuhkan (senjata-senjata ini), sebab Houthi dengan dukungan Iran meluncurkan puluhan drone dan rudal dari Yaman ke arah Saudi.” (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Ansarullah Yaman Cegat Jet Tempur Saudi di Angkasa Ma’rib

Banyak Pendukung Koalisi Saudi Berbalik Memihak Sanaa, Ansharullah Yakin Yaman akan Menang

DISKUSI: