Kian Gelap Mata, AS Cantumkan 5 Nahkoda Kapal Tanker Iran dalam Daftar Sanksi

0
166

Teheran,LiputanIslam.com-Kementerian Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap 5 nakhoda kapal tanker Iran yang mengirim BBM ke Venezuela.

Dalam statemen yang dimuat di situs Kementerian Keuangan AS, 5 orang tersebut dimasukkan dalam daftar sanksi karena “terlibat dengan jalur pelayaran Republik Islam Iran.”

Dari bulan April hingga sekarang, Iran telah mengirim sekitar 1,5 juta barel bensin ke Venezuela. Negara di Amerika Selatan itu sangat membutuhkan BBM akibat didera sanksi-sanksi AS. Pasokan BBM dari Iran bisa sedikit mengurangi antrean panjang warga Venezulea di pom-pom bensin.

Menlu AS Mike Pompeo melalui akun Twitter-nya mengumumkan, sanksi atas perusahaan pelayaran Iran dan korporasi E-Sail di China telah diberlakukan sejak Rabu (24/6) kemarin.

Para nakhoda yang dijatuhi sanksi oleh AS adalah Ali Danaei Kenarsari, Mohsen Gauhardahi, Ali Reza Rahnavard, Reza Vaziri, dan Hamid Reza Yahyazadeh.

Menanggap sanksi baru ini, Jubir Kemenlu Iran menyatakan bahwa Iran dan Venezuela akan menghadapinya dengan penuh kekuatan.

“Aksi AS terhadap para nakhoda Iran menunjukkan kegagalan kebijakan tekanan maksimum AS atas Iran,”cuit Abbas Mousavi dalam akun Twitter-nya. (af/alalam)

Baca Juga:

Tantangan Baru Iran terhadap Trump Soal Pengiriman Minyak ke Venezuela

Iran Kirim Armada ke Berbagai Perairan Internasional untuk Keamanan Kapal-Kapalnya

DISKUSI: