Khashoggi Dijadikan Nama Jalan Tempat Kedubes Saudi di Washington

0
600

Washington,LiputanIslam.com-Dewan Kota Washington secara aklamasi menetapkan, jalan di depan Kedubes Saudi di ibu kota AS itu akan dinamai dengan Jamal Khashoggi, jurnalis yang dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul.

Pada hari Selasa (7/12) lalu, Dewan ini mengumumkan bahwa dengan aktivitasnya di pentas media, Khashoggi adalah salah satu figur paling berpengaruh dalam hal pembelaan demokrasi, HAM, dan superioritas hukum.

“Dengan dinamakannya jalan di depan Kedubes Saudi menggunakan nama Khashoggi, patung dirinya akan dipasang di tempat itu sebagai penghormatan baginya; sesuatu yang tak bisa disembunyikan atau dihancurkan,”demikian disebutkan Dewan Kota Washington dalam statemennya.

Diharapkan bahwa Wali Kota Washington dan Kongres AS menyetujui keputusan ini.

Khashoggi, yang merupakan salah satu kritikus terkemuka atas Kerajaan Saudi, dibunuh secara keji pada Oktober 2018 silam.

Sebelum ini, Kedubes Arab Saudi di Paris menepis laporan bahwa warga negara Saudi yang baru ditangkap di Prancis terkait dengan kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi. Sebab itu, Kedubes Saudi meminta supaya warga negaranya itu segera dibebaskan.

Sebelumnya, berbagai laporan media Prancis menyebutkan bahwa salah satu tersangka telah ditangkap di Bandara Charles de Gaulle, Paris, tiga tahun setelah terbunuhnya Khashoggi.

Kanal televisi Prancis RTL mengutip keterangan polisi bahwa orang yang ditangkap itu adalah pria berusia 33 tahun. Dia dinyatakan sebagai satu di antara 20 tersangka yang menjadi buronan internasional terkait dengan kasus tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Ansarullah Yaman Cegat Jet Tempur Saudi di Angkasa Ma’rib

Ini Alasan Presiden AS Mengapa Bin Salman Tak Dikenai Sanksi Hukum Dalam Kasus Khashoggi

DISKUSI: