Kewalahan Hadang Tentara Yaman, Saudi Tarik Pasukan Bayarannya ke Perbatasan

0
216

Sanaa,LiputanIslam.com-Saudi diberitakan telah mengirim sejumlah brigade dari anteknya di Yaman ke beberapa kota di perbatasan.

Sumber-sumber Yaman News menyatakan, langkah ini diambil Riyadh setelah Tentara Yaman terus merangsek maju di kota-kota Jizan dan Najran, serta menduduki kawasan-kawasan luas di kedalaman Saudi.

Menurut sumber-sumber tersebut, para pemimpin Koalisi Saudi akhir-akhir ini berusaha mengirim beberapa divisi dari pasukan Pemerintahan Hadi dan Partai al-Islah dari Ma’rib dan Hadhramaut ke perbatasan selatan Saudi.

Mereka menyatakan, awalnya divisi-divisi ini akan pergi ke Ma’rib untuk membantu kaki tangan Saudi. Namun perkembangan-perkembangan baru memaksa Riyadh untuk melindungi kota-kotanya di perbatasan, karena dikhawatirkan akan jatuh ke tangan Tentara Yaman.

Pengiriman pasukan bayaran ke perbatasan Saudi dilakukan di saat para kaki tangan Riyadh sendiri sudah kehilangan kekuatan mereka di Yaman. Hal ini lebih jelas terlihat dalam front-front pertempuran di Ma’rib.

Dalam satu bulan terakhir, Provinsi Ma’rib menjadi ajang pertempuran dahsyat antara Tentara dan Komite Rakyat Yaman dengan milisi pro-Hadi.

Sumber-sumber Yaman mengabarkan, sebanyak 53 komandan dan perwira berpangkat tinggi dari pasukan Hadi telah tewas dalam beberapa bulan terakhir di medan perang. Kini hanya sedikit perwira yang bisa mengomandani pasukan infanteri Pemerintahan Hadi. (af/fars)

Baca Juga:

Pemimpin Ansarullah: Saudi Buka Zona Udaranya untuk PM Israel, Tapi Tutup Zona Udara Yaman untuk Orang Yaman Sendiri

Digempur Pasukan Koalisi, Bandara di Ibu Kota Yaman Lumpuh

DISKUSI: