Kementan Irak: ISIS Berupaya Melumpuhkan Sektor Ekonomi dengan Membakar Lahan Pertanian

0
145

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota Dewan Kegubernuran Nineveh (yang sudah dibubarkan) menyatakan, elemen-elemen kelompok teroris ISIS secara leluasa mondar mandir di wilayah Provinsi Nineveh. Bahkan mereka membakari ladang-ladang pertanian di kota Makhmur.

Kepada al-Maalomah, Hasan Sabaawi mengatakan, kawasan-kawasan itu membutuhkan operasi militer besar-besaran untuk mensterilkannya dari elemen-elemen teroris. Menurutnya, keberadaan para teroris di kawasan-kawasan itu sangat membahayakan dan berdampak negatif kepada penduduk.

Terkait hal ini, juru bicara Kementerian Pertanian Irak menyatakan, sisa-sisa ISIS mendapat dukungan dari negara asing untuk melumpuhkan sektor ekonomi Irak. Hamid al-Nayif mengabarkan bahwa elemen-elemen ISIS membakari ladang-ladang gandum di sejumlah provinsi.

Dalam wawancara dengan al-Maalomah, petinggi Irak itu menyatakan, semua kebakaran di provinsi tengah dan selatan Irak terjadi secara alami dan tanpa unsur kesengajaan. Namun kebakaran-kebakaran di provinsi-provinsi barat dan yang sudah dibebaskan (seperti al-Anbar dan Nineveh) dilakukan secara sengaja dan didalangi ISIS.

Al-Nayif menegaskan, pihak-pihak asing memberi sokongan kepada ISIS agar ekonomi Irak lumpuh sehingga negara ini tidak bisa mencapai swasembada. (af/fars)

Baca Juga:

Pesawat AS Boyong Teroris ISIS dari Suriah ke Irak

AS Bisa Saja Pindahkan Patriot dari Saudi ke Irak untuk Lindungi ISIS

DISKUSI: