AS Bisa Saja Pindahkan Patriot dari Saudi ke Irak untuk Lindungi ISIS

0
124

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang pakar masalah keamanan Irak memperingatkan, ada kemungkinan AS akan membawa keluar sistem pertahanan Patriot dari Saudi untuk dipindah ke Irak.

Kepada al-Maalomah, Amir Abdulmunim al-Saidi mengatakan bahwa mungkin saja AS akan menggunakan sistem Patriot untuk melindungi ISIS dari gempuran al-Hashd al-Shaabi.

Menurut al-Saidi, AS masih berusaha mempertahankan eksistensinya di Irak. Dalam berbagai momen, AS disebutnya berupaya mendekati Perdana Menteri baru Irak, Mustafa al-Kadhimi. Tujuannya adalah mempersiapkan mukadimah negosiasi di bulan-bulan mendatang untuk membuat kesepakatan baru terkait keberadaan militer AS di negara itu.

Dia berpendapat, meningkatnya aksi teror sebelum diterimanya Kabinet al-Kadhimi bertujuan untuk menekan fraksi-fraksi politik agar menyetujui susunan pemerintahan baru.

Al-Saidi menegaskan, pihak AS telah memulai rencana baru yang bertujuan untuk memusatkan pangkalan-pangkalannya di titik-titik yang jauh dari jangkauan rudal Kelompok Perlawanan.

Menurutnya, ada kemungkinan sistem Patriot akan dipindahkan dari Saudi ke Kirkuk, atau akan digunakan sebagai sistem pertahanan mobile sesuai dengan titik-titik yang ditempati kelompok teroris. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Relawan Irak Pastikan AS Berada di Balik Serangan Besar ISIS

“Ancaman Iran Mengendur”, AS akan Singkirkan Sistem Pertahanan Rudal Patriot dari Saudi

DISKUSI: