Keluarga Korban Teror Beirut Ajukan Gugatan atas Geagea dan Partainya

0
354

Beirut,LiputanIslam.com-Keluarga para korban penembakan di Beirut berkumpul di depan Pengadilan Militer Lebanon pada hari Selasa (26/10).

Menurut laporan al-Ahed, massa membawa foto anak dan kerabat mereka yang tewas dan menuntut agar para pelaku kejahatan ini diadili.

Ayah Muhammad Tamir, salah satu pemuda yang tewas di Tayouneh, meminta dari aparat hukum Lebanon untuk menyeret Ketua Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah, Samir Geagea, ke pengadilan.

Partai Kristen pimpinan Geagea ini adalah salah satu sekutu dekat Saudi dan AS di Lebanon.

Mewakili keluarga para korban, ayah Tamir menegaskan bahwa proses penyelidikan kasus ini tidak boleh dipolitisasi. Mereka menyatakan akan mengajukan gugatan kepada Geagea dan partainya. Keluarga para korban menegaskan, mereka tidak akan berhenti berusaha hingga mereka berhasil.

Saudara Ali Ibrahim mengatakan, keluarga para korban menyerahkan masalah ini kepada Sekjen Hizbullah Sayyid Hasan Nasrallah dan Ketua Parlemen Nabih Beri.

Sebelumnya, anggota Dewan Pusat Hizbullah, Nabil Qawuq menyatakan, misi Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah pimpinan Samir Geagea adalah memerangi Hizbullah dan menyulut kerusuhan.

Qawuq berkata bahwa sejak tahun 2009, partai Geagea telah menerima bantuan uang dan senjata dari Saudi serta AS, dengan tujuan menargetkan Hizbullah.

Menurut Qawuq, peran al-Quwwat al-Lubnaniyah ini juga diungkap oleh dokumen-dokumen WikiLeaks. Meski demikian, kata Qawuq, partai ini sejak tahun tersebut hingga sekarang tidak bisa mempertahankan siapa pun sebagai sekutunya.

Petinggi Hizbullah ini menjelaskan, pecahnya persekutuan berbagai pihak dengan al-Quwwat al-Lubnaniyah dikarenakan semua tahu bahwa Geagea berupaya menyulut perang saudara baru di Lebanon.

“Mereka (para mantan sekutu al-Quwwat al-Lubnaniyah) memberitahu kami bahwa partai ini tidak berubah. Partai ini masih menjalankan sebuah proyek untuk memicu perang dan konflik,”papar Qawuq. (af/fars/alalam)

Baca Juga:

Buntut Teror Beirut, Geagea Dipanggil Pengadilan Militer

Tentara Israel Berlatih Perang Hadapi Hizbullah

DISKUSI: