Buntut Teror Beirut, Geagea Dipanggil Pengadilan Militer

0
346

Beirut,LiputanIslam.com-Media-media Lebanon memberitakan bahwa Pemimpin Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah (Pasukan Lebanon), Samir Geagea telah dipanggil terkait aksi teror Beirut.

Kanal berita al-Jadeed melaporkan, Geagea dipanggil oleh Pengadilan Militer Lebanon menyusul pengakuan orang-orang yang ditangkap terkait penembakan di Tayouneh.

Sebelum ini, anggota Parlemen Lebanon dari fraksi al-Liqa al-Tashawuri, Faisal Kirami mengatakan, meski sebagian pihak berusaha mendeskripsikan Ketua Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah, Samir Geagea sebagai negarawan, namun peristiwa Tayouneh telah menyingkap kedok dari wajahnya.

“Inilah Samir Geagea yang sebenarnya. Dia seorang penjahat, pembunuh, dan penembak jitu yang menggunakan kesempatan demi tujuan politis, meski harus menumpahkan darah. Seorang pembunuh dan penjahat tidak layak diampuni. Geagea bertanggung jawab atas kondisi yang kita hadapi di Lebanon saat ini,”kata Kirami kepada al-Mayadeen.

Media-media Lebanon pada hari Rabu 20 Oktober mengabarkan, Wali Kota kawasan al-Ghabiri Beirut, Maan Khalil mengajukan gugatan terhadap Geagea.

Kepada al-Mayadeen, Khalil berkata bahwa gugatan ini berkaitan dengan teror penembakan yang terjadi pada Kamis pekan lalu.

Ia menambahkan, gugatan ini ditujukan kepada Geagea, orang-orang yang ditangkap, dan mereka yang dinyatakan bersalah dalam kasus ini.

Harian al-Akhbar melaporkan, gugatan itu menyebut nama 10 anggota al-Quwwat al-Lubnaniyah.

Para tergugat dituduh melakukan pembunuhan, upaya pembunuhan, dan pembentukan geng-geng bersenjata.

Pada hari Kamis pekan lalu, para pendukung Hizbullah dan Amal melakukan unjuk rasa damai di depan pengadilan untuk memprotes kinerja Penyelidik kasus ledakan pelabuhan Beirut, Tariq Bitar. Ketika tiba kawasan Tayouneh pada pukul 10.45 waktu setempat, mereka ditembaki oleh para penembak jitu yang ada di atas beberapa bangunan.

Hizbullah dan Amal menyebut Partai al-Quwwat al-Lubnaniyah pimpinan Samir Geagea sebagai pelaku kejahatan ini. Menurut mereka, Geagea mendapat instruksi dari Kedubes AS. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah Tak akan Terpancing ke Perang Saudara

Pasang Badan di Beirut, Menlu Iran Tegaskan Negaranya Siap Bantu Lebanon Pecahkan Blokade

DISKUSI: