Kejahatan AS di Irak akan Dikumpulkan dan Diadukan di Forum Internasional

0
200

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota fraksi Shadiqun di parlemen Irak menyatakan, militer AS sejak tahun 2003 hingga kini telah melakukan kejahatan terkeji di Irak.

“Kejahatan yang dilakukan AS di dalam Irak tidak boleh didiamkan dan diabaikan begitu saja,”kata Ahmad al-Kanani kepada kantor berita al-Ahed.

Ia mengabarkan, semua kasus terkait kejahatan AS di Irak sedang dikumpulkan, untuk dijadikan sebagai bahan menggugat Washington di forum-forum internasional.

Al-Kanani menegaskan, kemenlu Irak mesti bertindak dan mengadukan AS di forum PBB dan Dewan Keamanan.

“AS telah melakukan banyak kejahatan kejam terhadap ribuan warga Irak. Kejahatan-kejahatan ini dikategorikan sebagai kejahatan biadab,”tandas al-Kanani.

Anggota lain dari fraksi Shadiqun, Abdul Amir Tuayban, pada hari kemarin menuding AS dan sejumlah negara Arab Teluk berupaya untuk menimbulkan kekacauan dan instabilitas di Irak.

Menurut Tuayban, kegagalan rencana AS dalam mengatur serangan oleh para penyusup dan perusuh ke penjara al-Hut di kota al-Nasiriyah, telah mendorong Washington untuk menyeret kerusuhan dan perusakan ke provinsi-provinsi lain yang lebih aman, termasuk Najaf.

Penjara al-Hut merupakan tempat ditahannya para petinggi utama kelompok-kelompok teroris di Irak.

“AS berada di balik perusakan, pembakaran, kerusuhan, dan kekacauan untuk mengalihkan perhatian bangsa Irak dari rencana pengusiran militer asing dari negeri mereka,”tandas Tuayban. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Khazali: Salah Satu Pejabat Tinggi Irak adalah Rekrutan CIA

Keteteran, Saudi Pinjam Rudal Patriot dari Yunani untuk Menangkis Rudal Yaman

DISKUSI: