Kataib Sayyid al-Syuhada: Kami Bukan Pelaku Serangan ke Ayn al-Asad

0
347

Baghdad,LiputanIslam.com-Kataib Sayyid al-Syuhada merespons tudingan sejumlah pejabat AS soal keterlibatan kelompok perlawanan ini dalam serangan roket ke pangkalan Ayn al-Asad. Kelompok ini menegaskan bukan pelaku serangan tersebut.

Kataib Sayyid al-Syuhada menyatakan bahwa kelompok perlawanan Islam “tak memiliki kaitan dengan pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ke Ayn al-Asad.” Pemerintah Irak diminta agar tidak memedulikan sejumlah rumor dan tuduhan yang tersebar.

Tudingan ini diarahkan kepada Kataib Sayyid al-Syuhada, padahal Kemenhan AS (Pentagon) dalam statemenya Rabu malam (3/3) menyatakan, pihaknya tidak mampu menghubungkan serangan ke pangkalan Ayn al-Asad kepada kelompok mana pun.

“Kami bisa mengkonfirmasi bahwa pangkalan udara Ayn al-Asad telah menjadi target serangan pada Rabu pagi ini,”demikian disebutkan dalam statemen Pentagon.

“Bukti-bukti awal menunjukkan bahwa kurang lebih 10 roket telah ditembakkan dari sebuah titik di timur pangkalan ini.”

Pentagon menyatakan, saat ini belum ada laporan korban luka dari kalangan militer AS. Seorang kontraktor AS dikabarkan mengalami serangan jantung saat berlindung dan meninggal beberapa saat kemudian.

“Aparat Keamanan Irak berada di TKP dan tengah melakukan penyelidikan. Sementara ini, kami tidak bisa menuding pihak tertentu sebagai penanggung jawab serangan. Kami juga belum memiliki gambaran lengkap soal besarnya kerusakan yang ditimbulkan,”imbuh Pentagon.

Statemen itu menyebutkan, Menhan AS Llyod Austin telah dikabari dan memantau situasi dari dekat. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Komandan CENTCOM Beberkan Horor Serangan Rudal Iran ke Ayn al-Asad

Saudi Khawatirkan Kemungkinan Serangan Rudal dari Irak

DISKUSI: