Bahkan Jika Tanker BBM Iran Diserang, Sekjen Hizbullah Tetap Dipandang sebagai Pahlawan

0
246

Beirut,LiputanIslam.com-Redaktur Rai al-Youm, Abdel Bari Atwan menulis bahwa Sayyid Hasan Nasrallah berinisiatif membeli bensin dan solar dari Iran di tengah krisis BBM Lebanon. Teheran pun merespons dalam waktu singkat.

Menurut Atwan, sekarang ada tiga kapal tanker yang tengah menuju Lebanon dan diperkirakan akan tiba tak lama lagi.

Jurnalis ternama Arab ini menyatakan, ada 2 skenario soal pengiriman kiriman BBM dari Iran ini. Skenario pertama adalah muatan diturunkan di pelabuhan Beirut, sementara skenario kedua akan diturunkan di pelabuhan Suriah, kemudian dibawa ke Lebanon dengan truk-truk tangki.

Atwan menulis, ia tidak tahu persis skenario mana yang akan dijalankan. Meski begitu, satu hal yang harus dipastikan terlebih dahulu adalah: apakah Otoritas Mesir akan mengizinkan tiga tanker ini melintasi Terusan Suez atau tidak? Apakah kapal-kapal ini mesti memutar melewati Afrika Selatan?

Jika itu terjadi, tulisnya, butuh waktu 40 hari agar kapal-kapal itu sampai ke pesisir Lebanon, atau 4 kali lipat dari jalur melewati Suez. Menurut Atwan, ada info bahwa Israel dan AS menekan Kairo agar menghalangi kapal-kapal Iran melintas di Suez.

Di akhir tulisannya, Atwan menyatakan bahwa baik tanker-tanker Iran bisa menurunkan muatan di Lebanon maupun menjadi target serangan, Hizbullah dan Sayyid Nasrallah tetap akan keluar sebagai pemenang dalam kisah ini. Mereka akan semakin dicintai, karena tampil sebagai pelindung rakyat Lebanon dan penjaga kedaulatan negara itu. (af/fars)

Baca Juga:

Tegang, Kapal Tanker Iran Dekati Pantai Libanon, Iran dan Hizbullah Siapkan Skenario Buruk

Ini Balasan Dahsyat Hizbullah Jika Israel Berani Serang Kapal Tanker Iran

DISKUSI: