Jerman Hentikan Proyek Pipa Gas, Ancaman Rusia Langsung Terbukti

0
408

Moskow,LiputanIslam.com-Indeks harga gas di Eropa pada Selasa lalu dikabarkan naik hingga 9,8 persen dan menjadi 78,95 Euro untuk tiap Mwh (megawatt-jam).

Kenaikan ini adalah dampak dari langkah Jerman yang telah menghentikan proyek pendistribusian gas Rusia ke Laut Baltik yang dinamakan Nord Stream 2. menyusul pengakuan Moskow atas kemerdekaan dua kawasan di timur Ukraina, yaitu Luhansk dan Donetsk.

Jalur distribusi gas ini awalnya direncanakan untuk mengurangi tekanan atas para konsumen gas Eropa, yang menghadapi krisis energi di tengah meningkatnya biaya hidup akibat pandemi Corona.

Langkah Jerman ini pun mendapat tanggapan dari Rusia. Staf Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev melalui cuitannya memperingatkan, orang-orang Eropa dalam waktu dekat akan terpaksa membayar 2 ribu Euro untuk mendapatkan seribu meter kubik gas.

“Kanselir Agung Jerman, Olaf Scholz mengintruksikan agar izin jalur pipa gas Nord Stream 2 dihentikan. Baiklah, selamat datang ke dunia baru, yang di situ orang-orang Eropa harus membayar 2 ribu Euro untuk seribu meter kubik gas,” cuit Medvedev. (af/fars)

Baca Juga:

Rusia dan Ukraina Hadapi Situasi Genting

Suriah, Yaman dan Cechnya Dukung Pengakuan Putin atas Kemerdekaan Dua Wilayah di Ukraina Timur

DISKUSI: