Jaksa Israel Ngotot Pembunuh Jurnalis Palestina Tak Bisa Dipastikan

0
17

TelAviv,LiputanIslam.com-Jaksa Umum Militer Israel, Yifat Tomer-Yerushalmi berkata bahwa jika seorang serdadu Israel menembakkan peluru yang menewaskan Shireen Abu Akleh, ia tidak mesti didakwa bersalah atas tindak kriminal.

“Mengingat bahwa Abu Akleh terbunuh di kawasan perang aktif, tanpa adanya bukti-bukti lebih banyak kita tidak bisa segera menggulirkan dugaan tindak kriminal,” ujar Yerushalmi, diberitakan France24.

Yerushalmi adalah orang yang pada akhirnya nanti akan menentukan apakah pelaku pembunuhan Abu Akleh akan diadili atau tidak. Ia mengklaim, masih belum jelas apakah jurnalis Palestina ini tewas dengan peluru orang Palestina atau serdadu Israel, saat ia tengah meliput berita di kota Jenin.

Ia kembali mengulang klaim bahwa Israel membutuhkan peluru yang mengenai kepala Abu Akleh “untuk penyelidikan lebih lanjut”.

”Ketidakmampuan untuk memeriksa peluru yang disimpan pejabat Palestina memunculkan pertanyaan-pertanyaan terkait kronologi kematian Abu Akleh.”

“Keputusan final soal dimulainya penyelidikan pidana dalam hal ini hanya akan ditentukan ketika sudah ada bukti-bukti lebih banyak yang diperoleh melalui riset operasional dan sumber-sumber lain,” kata Yerushalmi.

Kemenlu Pemerintah Otonomi Nasional menyatakan, keputusan Tentara Israel untuk tidak melakukan penyelidikan adalah hasil dari kegagalan Rezim Zionis menyembunyikan kejahatan-kejahatannya.

Dalam statemen itu disebutkan, Tentara Israel mengabaikan puluhan petunjuk, hasil autopsi, dan bukti-bukti lain terkait teror atas Abu Akleh. (af/fars)

Baca Juga:

Pulang dari Saudi, Rabi Yahudi Israel Mengaku Terkesima

Gantz Cemas Israel akan Kehilangan Galilea dan Negev

DISKUSI: