Jaga Ketat 2 Pembunuh Jenderal Soleimani, AS Keluarkan Jutaan Dolar per Bulan

0
295

Washington,LiputanIslam.com-Washington Examiner mengestimasi, Pemerintah AS harus mengeluarkan lebih dari 2 juta dolar tiap bulan utnuk melindungi 2 mantan pejabat AS,lantaran mereka masuk dalam daftar hitam Iran.

Mantan Menlu AS Mike Pompeo dan Wakil Khusus untuk Urusan Iran, Brian Hook, tercantum dalam daftar ini atas keterlibatan mereka dalam teror yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani.

Menurut laporan Washington Examiner, Kemenlu AS dalam laporannya kepada Kongres pada 14 Februari lalu mengumumkan, estimasi biaya tiap bulan guna melindungi Hook adalah 175.000 dolar, dan Pompeo adalah 2 juta dolar.

Kemenlu AS mengklaim, kecil kemungkinan bahwa ancaman Iran terhadap Pompeo dan Hook akan hilang dalam waktu dekat. Sebaliknya, laporan ini justru menyatakan bahwa berdasarkan evaluasi terhadap ancaman dan kebutuhan kepada pengamanan yang lebih ketat, biaya perlindungan dua pejabat ini akan meningkat di masa depan.

Beberapa waktu lalu, kanal berita CBS mengabarkan bahwa sejak awal 2021 hingga sekarang, Pemerintahan Joe Biden telah menyediakan layanan perlindungan bagi para mantan pejabat AS yang terlibat dalam keputusan meneror Jenderal Soleimani.

Menurut CBS, ketatnya perlindungan terhadap Pompeo saat menghadiri berbagai pertemuan bisa terlihat secara mencolok. CBS melaporkan bahwa level penjagaan untuk Pompeo setara dengan penjagaan untuk seorang pejabat Pemerintah yang masih aktif. (af/fars)

Baca Juga:

Setelah Terbongkarnya Biolab AS di Ukraina, Apa Kabar Namru di Indonesia?

Pejabat Iran Sebut Prospek Perundingan Wina Masih Tak Jelas Akibat Sikap AS

DISKUSI: