Hamas Prioritaskan Pembebasan 6 Tahanan Palestina di Gilboa

0
374

Gaza,LiputanIslam.com-Terkait masalah pertukaran tawanan dengan Rezim Zionis, anggota Kantor Politik Hamas, Zahir Jabbarin menyatakan, kelompoknya tak akan mundur soal pembebasan para tawanan yang telah ditahan selama lebih dari 40 tahun.

Ia menambahkan, dalam proses pertukaran tawanan mendatang, Hamas berkomitmen untuk memprioritaskan pembebasan 6 tahanan Palestina yang sempat kabur dari Penjara Gilboa.

“Kami memiliki sebuah peta jalan yang telah diserahkan kepada para mediator, yang telah berbicara dengan Hamas soal masalah ini. Kini bola ada di lapangan Israel. Jika Rezim Penjajah ingin memulangkan para serdadunya dan menjalankan pertukaran tawanan, semua tahu apa yang diinginkan kubu Resistansi. Musuh harus memenuhi semua syarat-syarat kami,” kata Jabbarin.

“Para penjajah bersikap lamban dalam masalah pertukaran tawanan. Mereka tak ingin para serdadu Israel kembali dari Gaza, juga enggan untuk membayar harga pembebasan mereka. Hal yang menghalangi pelaksanaan kesepakatan ini adalah keragu-raguan Musuh Zionis, juga ketidaksiapan mereka untuk mengambil keputusan. Namun cepat atau lambat, Israel pasti akan membayar harga yang diminta kubu Resistansi,” lanjutnya.

Jabbarin menegaskan, pertukaran tawanan harus dilaksanakan tanpa pandang bulu. Dengan kata lain, tanpa melihat kecenderungan politik, asal muasal, atau vonis yang dijatuhkan atas mereka.

Ia menambahkan, mereka juga tidak boleh ditangkap kembali setelah ditukar dengan serdadu Israel. Jabbarin menegaskan, kesepakatan pertukaran tawanan mendatang harus sama seperti pertukaran seribu tawanan Palestina dengan serdadu Israel, Gilad Shalit pada tahun 2011 silam. (af/fars)

Baca Juga:

Israel Sebut Kekuatan Hamas Membengkak Pasca Perang “Pedang Quds”

PM Baru Lebanon Tegaskan Komitmen Bebaskan Wilayah yang Diduduki Israel

DISKUSI: