Israel Sebut Mesir sebagai Sekutu Strategis Tel Aviv

0
66

TelAviv,LiputanIslam.com-Menlu Israel Gaby Ashkenazi dalam pertemuan dengan Menteri Energi Mesir Tareq Molla menyebut Kairo sebagai sekutu strategis untuk Rezim Zionis.

Dilansir Russia Today, dalam pertemuan di Quds (Yerusalem) tersebut, Ashkenazi mengatakan,”Saya gembira bisa menjamu Menteri Energi Mesir di Kemenlu Israel, yang datang ke sini dalam sebuah kunjungan resmi. Mesir adalah sekutu strategis bagi Israel. Saya senang bahwa kerjasama antara negara-negara di Kawasan terus berkembang.”

Ashkenazi menilai peran Mesir “sangat penting dalam menjamin perdamaian dan stabilitas di Kawasan.”

“Mesir adalah negara pertama yang meneken kesepakatan damai dengan Israel, yang kemudian berujung pada kesepakatan-kesepakatan yang lebih banyak,”ujar Ashkenazi.

“Saya yakin bahwa kesepakatan normalisasi hubungan dan perubahan model regional akan membantu perkembangan dan peningkatan kerjasama dengan negara-negara lain. Saya berharap lawatan Anda akan membuka pintu untuk lawatan dan kerjasama di bidang lain,”lanjut Ashkenazi.

Molla adalah menteri pertama Mesir yang melawat ke Palestina Pendudukan dalam 5 tahun terakhir. Pada hari Minggu (21/2) dia juga menemui kolega Israel-nya.

Mesir merupakan negara Arab pertama yang mengakui Israel dalam perjanjian Camp David pada tahun 1979, usai berakhirnya perang antara negara-negara Arab dengan Rezim Zionis.

Setelah Mesir, Yordania pada tahun 1984 mencatatkan diri sebagai negara Arab kedua yang menjalin kesepakatan damai dengan Israel. (af/alalam)

Baca Juga:

Analis AS: Biden Juga Harus Hentikan Penjualan Senjata ke UEA

Menlu Iran Tanggapi Dingin Ajakan Dialog Pemerintah AS

DISKUSI: