Iran Kritik Dewan Keamanan PBB yang Lalaikan Tugasnya

0
19

Teheran,LiputanIslam.com-Wakil Iran di PBB, Majid Takht Ravanchi menyatakan, pelanggaran serius terhadap hukum internasional masih terus dibiarkan tanpa diadili. Ia menyebut Dewan Keamanan lalai dalam menjalankan tanggung jawabnya.

“Tindakan-tindakan semena-mena sepihak (sanksi-sanksi sepihak) adalah pelanggaran internasional yang dilakukan sejumlah negara sebagai senjata perang untuk membuat warga sipil kelaparan. Tindakan-tindakan ilegal ini melanggar Piagam PBB dan hukum internasional,” kata Ravanchi.

“Negara-negara yang melakukan tindakan semena-mena, termasuk sanksi, sebagai kebijakan pemerintahan, mesti dimintai pertanggung jawaban atas kejahatan ini.”

“Selama beberapa dekade, Iran menjadi target embargo ekonomi dan finansial terberat AS. Aksi ilegal ini secara langsung membahayakan hidup kalangan masyarakat Iran paling rentan, seperti anak-anak, lansia, dan para pasien. Bahkan sebagian pasien, terutama anak-anak yang mengidap penyakit langka, akhirnya kehilangan nyawa mereka akibat pembatasan impor obat dan peralatan medis. Ini adalah fakta memilukan,” tandas Ravanchi.

Senada dengan Iran, Wakil Rusia di PBB, Vasily Nebenzia juga mengkritik PBB lantaran membiarkan AS melanjutkan tindak-tindak jahatnya di Suriah tanpa menuntut tanggung jawab dari Washington.

Ditujukan kepada negara-negara Barat, Nebenzia berkata,” Berkas kalian penuh dengan kejahatan. Jika kalian ingin mengutuk sebuah agresi, pertama-pertama kutuklah petualangan militer dan perang-perang imperialis kalian terhadap bangsa-bangsa. Mulailah dengan menggugat diri kalian sendiri.” (af/fars)

Baca Juga:

Teheran: GCC Sebagai Gudang Terbesar Senjata Barat Tak Berhak Bicara Kebijakan Pertahanan Iran

Saudi Minta Negara-Negara Teluk Kompak Sikapi Iran

DISKUSI: