Saudi Minta Negara-Negara Teluk Kompak Sikapi Iran

0
30

Riyadh, LiputanIslam.com  Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan bin Abdullah Al Saud menyerukan kekompakan negara-negara Arab Teluk Persia terhadap Iran.

Desakan itu dia sampaikan dalam pertemuan bersama para menteri luar negeri negara-negara Arab Teluk dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Riyadh, ibu kota Saudi, Rabu (1/6).

“Sikap negara-negara Teluk terhadap Iran harus bersatu dalam menyerukan kepada negara ini agar mematuhi hukum internasiona,” ujarnya, seperti dikutip saluran Al-Arabiya.

Dia mengatakan bahwa negara-negara itu kompak dalam soal krisis Ukraina. Sedangkan mengenai Yaman dia mengatakan,  “Kami bersikeras mendukung semua upaya untuk mencapai solusi politik yang adil di Yaman.”

Al-Arabiya juga melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov muncul pada konferensi pers usai pertemuan tersebut, dan mengatakan bahwa negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) memahami perang antara Rusia dan Barat.

Menurut laporan ini, Lavrov menyebutkan bahwa mitra Rusia di negara-negara Arab di Teluk Persia telah menekankan bahwa mereka tidak akan bergabung dengan sanksi anti-Rusia.

“Senjata berat harus meninggalkan Ukraina.Negara-negara Barat melanggar Piagam PBB dengan perilaku mereka,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, “Suriah harus kembali ke tempatnya di Liga Arab. Kami mendukung inisiatif Arab yang dipresentasikan oleh Arab Saudi mengenai negara Palestina. Kami mendukung Dewan Kepresidenan Yaman dan berharap gencatan senjata di negara ini akan diperpanjang.” (mm/fna)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei Kirim Pesan kepada Paus Fransiskus, Ini Isinya

Pertama di Dunia Arab, Israel Teken Perjanjian Perdagangan Bebas dengan UEA

 

DISKUSI: