Iran: Kami akan Balas Jika Uni Eropa Bertindak Gegabah

0
179

Teheran,LiputanIslam.com- Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian pada Rabu malam (5/10) berdialog via telepon dengan Staf Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell.

Mereka saling bertukar pandangan mengenai situasi terkini tentang perundingan pencabutan sanksi, hubungan bilateral Teheran-Uni Eropa, dan perkembangan terbaru di Iran.

Abdollahian berkata bahwa baru-baru ini telah terbentuk kesepakatan yang baik antara Iran dan Badan Energi Nuklir Internasional (IAEA). Seraya mengapresiasi upaya konstruktif Borrell, Menlu Iran juga bicara soal dialog pencabutan sanksi dan mengatakan, ”Pertukaran pesan secara tidak langsung antara Iran dan AS berlangsung terus-menerus di New York. Secara keseluruhan, kami melakukan dialog progresif di Wina dan New York.”

”Kami secara tegas mengusut kasus meninggalnya Mahsa Amini sesuai hukum dalam negeri agar semua aspek masalah menjadi transparan. Perangkat hukum dengan jelas menjadikan isu ini sebagai bagian dari agenda kerjanya. Laporan ilmiah dan teknis medis resmi akan segera diumumkan.”kata Abdollahian sehubungan dengan perkembangan domestik Iran.

“Kami memandang tuntutan damai adalah hak rakyat dan selalu memerhatikannya. Akan tetapi barisan mereka harus dipisahkan antara para perusuh yang membakar ambulans, merusak bank dan fasilitas publik, menyerang warga dan polisi dengan senjata api dan tajam, atau melakukan aksi-aksi teroris. Oleh karena itu, kami tidak pandang bulu menindak para pengacau dan teroris sesuai hukum,”imbuhnya.

Menlu Iran menegaskan, jika Uni Eropa melakukan tindakan politik secara terburu-buru berdasarkan tuduhan tak berdasar dan demi memprovokasi para perusuh serta teroris, Teheran tak segan memberikan balasan setimpal.

Borrell berkata bahwa ia menerima kerusuhan dan terorisme tidak bisa disamakan dengan protes damai yang mesti ditanggapi secara relevan. Ia menambahkan bahwa Uni Eropa tidak ingin hubungannya dengan Iran memburuk. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Zionis Bunuh Satu Orang Palestina dan Lukai Dua Wartawan

Petikan Pidato Ayatullah Khamenei Mengenai Gelombang Kerusuhan di Iran

 

 

DISKUSI: