Iran: AS Harus Berikan Bukti dengan Tindakan, Bukan di Atas Kertas

0
254

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan CNN, Jubir Kemenlu Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan, AS adalah pihak yang mesti memperbaiki JCPOA, karena ia-lah yang telah melanggar kesepakatan itu dengan keluar secara sepihak darinya.

“Orang-orang AS tahu apa yang mesti dilakukan untuk memperbaiki kesepakatan ini. Setelah melancarkan perang ekonomi tanpa henti kepada bangsa Iran, mustahil Iran memercayai AS,”tuturnya.

“Logikanya, Pemerintahan Biden harus menunjukkan kepada semua orang bahwa ia berniat mengubah jalur yang telah dimulai Trump. Setelah ditekennya JCPOA pada 2015, Iran adalah pihak pertama yang melaksanakan kesepakatan ini. Setelah beberapa kali melakukan uji kejujuran, IAEA memastikan bahwa AS harus mencabut sanksi. Namun (pencabutan sanksi) ini tidak dilakukan, bahkan di masa Obama.”

“Kali ini, AS harus menunjukkan kepada semua orang secara praktis, bukan hanya hitam di atas putih, bahwa ia berniat mengubah jalur Trump dan melaksanakan JCPOA secara penuh dan dilandasi niat baik,” kata Khatibzadeh.

Saat ditanya soal kemungkinan Iran merundingkan isu-isu regional dan rudalnya, Khatibzadeh menegaskan, ”Tak satu pun negara di Bumi yang mau berkompromi terkait isu-isu yang berhubungan dengan keamanan nasionalnya. Isu rudal adalah persoalan pertahanan. Tak satu pun yang bersedia melakukan perundingan soal itu.” (af/fars)

Baca Juga:

Iran Tegaskan akan Terus Beri Dukungan Kuat kepada Suriah

Partai Reformasi Yaman yang Berhaluan Ikhwanul Muslimin Berselisih Tajam dengan Saudi

DISKUSI: