Partai Reformasi Yaman yang Berhaluan Ikhwanul Muslimin Berselisih Tajam dengan Saudi

0
402

Sanaa, LiputanIslam.com –Partai Islah Yaman yang berhaluan Ikhwanul Muslimin berselisih tajam dengan Arab Saudi sehingga menjadi salah satu faktor kegagalan ambisi Saudi di Yaman, dan dalam beberapa kasus kelompok-kelompok Yaman yang bersekutu dengan Saudi tak segan-segan mengambil langkah dan tindakan sendiri yang terlepas dari agenda koalisi yang dipimpin Saudi.

Situs Al-Khabar al-Yamani, Jumat (9/4), melaporkan bahwa lembaga HAM bernama Sam yang berafiliasi dengan Partai Islah, salah satu komponen utama koalisi pimpinan Saudi di Yaman, menyatakan bahwa Saudi telah menangkap dan menganiaya ratusan orang Yaman di berbagai penjara khusus di daerah perbatasan kedua negara dan di beberapa provinsi Yaman, termasuk al-Mahra, Hadramaut, Ma’rib, dan Aden.

Pernyataan demikian baru kali ini dikemukakan oleh lembaga tersebut, sementara pernyataan serupa pernah mereka lontarkan berkenaan dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Beberapa sumber Yaman mengatakan bahwa banyak milisi yang berafiliasi dengan Partai Islah telah memisahkan diri dari koalisi pimpinan Saudi dan menyebrang ke kubu Ansarullah yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, dan beberapa provinsi.

Di pihak lain, beberapa media yang berafiliasi dengan kedutaan besar Saudi di Yaman menebar propaganda yang menyudutkan kelompok-kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Partai Islah.

Beberapa wartawan yang berafiliasi dengan Saudi menebar rumor di media sosial bahwa Partai Islah yang ada di Taiz telah menerima dana sebesar 5 miliar riyal Yaman dari kubu Sanaa supaya mengurangi tekanan terhadap pasukan kubu Sanaa di Ma’rib dan berhenti melancarkan serangan di provinsi Taiz.

Pemerintah Saudi beberapa waktu lalu juga memperingatkan kepada pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi agar menghentikan ulah Partai Islah di Abyan, sementara partai ini menolak menghentikan pergerakannya di posisi-posisi Dewan Transisi Selatan (STC). (mm/fna)

Baca juga:

Pasukan Ansarullah Gempur Bandara Abha di Selatan Arab Saudi

Yaman Ingin Pertukaran Tawanan Menyeluruh, Saudi Ingin Pilih-pilih

DISKUSI: