Iran Tegaskan akan Terus Beri Dukungan Kuat kepada Suriah

0
300

Teheran, LiputanIslam.com –   Pembantu Khusus Ketua Parlemen Iran untuk Urusan Internasional Hossein Amir-Abdollahian menegaskan negaranya akan terus memberikan dukungan kuat kepada Suriah.

Abdollahian menegaskan dukungan itu dalam pertemuannya dengan Utusan Suriah Shafiq Dayoub di Teheran, Jumat (9/4), sembari memuji peran kunci Suriah pada Poros Resistensi..

Mengenai ketegangan antara Iran dan AS, dia mengatakan bahwa desakan AS untuk bernegosiasi dengan Iran bukanlah fenomena baru.

“Kami bernegosiasi dengan Demokrat dan Republik. Penguasa Gedung Putih hanya mengganti topeng mereka, tapi secara terbuka melanggar dan mengkhianati perjanjian. AS hanya memiliki satu cara, yaitu dengan mencabut semua sanksi dalam praktiknya,” ujarnya.

Di pihak lain, Dayoub menghargai dukungan penuh Iran kepada pemimpin, rakyat dan pemerintah Suriah.

“Bantuan Bemimpin Besar (Ayatullah Sayid Ali Khamenei), rakyat dan pemerintah Republik Islam Iran akan terekam selamanya dalam memori sejarah rakyat Suriah dan kami bangga karenanya,” ungkap Dayoub.

Pada 17 Februari 2021 Asisten Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Politik Khusus Ali Asqhar Khaji dalam pertemuan dengan Direktur Palang Merah untuk Timur Dekat dan Tengah di kota Sochi, Rusia, memastikan kesiapan negaranya membantu proses pemulangan pengungsi Suriah.

Dalam pertemuan itu kedua belah pihak membahas masalah kemanusiaan, termasuk situasi pengungsi Suriah, orang hilang dan tawanan perang.

Mereka juga mengimbau kepada semua pihak untuk bekerjasama membantu penyelesaian masalah kemanusiaan,  terutama pemulangan para pengungsi, tanpa didasari tendensi politik.

Sementara itu, laporan dari Suriah menyebutkan bahwa bantuan pasukan militer baru Suriah telah tiba Kamis lalu di kawasan Ain Issa di utara Raqqah di dekat garis kontak dengan milisi Tentara Nasional Suriah (Syrian National Army/SNA) yang didukung Turki.

Situs Ain al-Furat milik oposisi Suriah menyebutkan bahwa Tentara Arab Suriah (SAA) telah mengirim pasukan bantuan baru kepada Brigade 93 SAA di Ain Issa, dan pasukan itu tiba dengan membawa amunisi dan peralatan militer berat, termasuk enam unit truk yang membawa sistem rudal darat ke darat.

Menurut situs ini, di markas Brigade 93 selain terdapat SAA juga ada pasukan kelompok-kelompok sekutunya. (mm/fna/alalam)

Baca juga:

[Video]: Festival 6 Tahun Resistensi Yaman di Damaskus, Faksi-Faksi Palestina Ikut Bergabung

Serang Suriah, Jet Tempur Israel Dikejar Rudal Suriah

DISKUSI: