Irak: Hubungan Kami dengan AS Bukan untuk Melawan Iran

0
601

Baghdad,LiputanIslam.com-Penasihat Keamanan Nasional Irak melalui akun Twitter-nya menjelaskan hubungan negaranya dengan Iran dan AS.

“Hubungan kami dengan AS dan Koalisi Internasional bukan untuk menghadapi Iran. Hubungan kami dengan Iran pun bukan untuk melawan AS dan Koalisi Internasional. Hubungan dengan Saudi tidak untuk melawan Iran, begitu pula sebaliknyha hubungan kami dengan Iran. Irak bekerja berdasarkan kepentingan nasionalnya,”cuit Qasim al-Aaraji.

“Kami tidak menginginkan kelompok-kelompok bersenjata menggunakan Irak sebagai basis untuk mengancam Iran, atau negara lain. Kami menyambut baik tiap pihak asing yang menghormati kedaulatan dan undang-undang Irak,”imbuhnya.

Dalam pertemuan beberapa hari lalu dengan Dubes Swedia, Norwegia, dan Denmark, al-Aaraji bicara soal dialog antara iran dan negara-negara di Kawasan. Ia berkata,”Dialog antara Iran dan negara-negara Kawasan berjalan dengan baik. Status Irak sebagai tuan rumah untuk dialog ini adalah bukti peran positif dan konstruktif diplomasi negara ini.”

Sumber-sumber berita Irak mengabarkan, Menlu Irak Fuad Hussein dan Menlu Saudi Faisal bin Farhan membahas sejumlah masalah penting terkait keamanan serta stabilitas di Kawasan.

Kantor berita resmi Irak melaporkan, Baghdad dan Riyadh dalam pertemuan itu membahas “faktor-faktor yang menunda penyelenggaraan putaran kelima dialog antara Iran dan Saudi.

Menlu Irak menegaskan, Baghdad akan mengerahkan upayanya dan memanfaaatkan semua kontaknya untuk mewujudkan kesempatan bagi demi tercapainya kesepakatan antara Teheran dan Riyadh. (af/alalam)

Baca Juga:

Tempat Persembunyian Pemimpin ISIS yang Tewas Terungkap Karena Informasi dari Tentara Irak

Presiden Raisi: Iran Siap Lanjutkan Dialog dengan Saudi dalam Suasana Saling Hormat

DISKUSI: