Ini Pihak yang Didukung Iran di Afghanistan

0
451

Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin Spritual Iran mengungkap keprihatinannya atas masalah yang mendera rakyat Afghanistan saat ini, termasuk kejadian teror pada Kamis lalu di bandara Kabul.

Keprihatinan ini disampaikan Ayatullah Ali Khamenei, saat bertemu Kabinet baru Iran pimpinan Ebrahim Raisi.

“Semua problem dan kesengsaraan ini disebabkan AS, yang telah menduduki negara itu selama 20 tahun dan melakukan berbagai kezaliman di sana,” tandasnya.

Menurutnya, AS tidak melakukan apa pun demi kemajuan Afghanistan. Bahkan, Ayatullah Khamenei berpendapat bahwa dari sisi perkembangan sipil dan pembangunan, Afghanistan saat ini tidak lebih maju dari 20 tahun lalu, kalau bukan malah lebih mundur.

“Kita memihak rakyat Afghanistan, karena Pemerintah selalu datang dan pergi, sementara yang bertahan adalah rakyat Afghanistan. Hubungan Iran dengan Pemerintah-pemerintah Afghanistan disesuaikan dengan hubungan mereka terhadap Iran. Kita memohon agar Allah menyelamatkan rakyat Afghanistan dari kondisi ini,” tegas Ayatullah Khamenei.

Dalam pidatonya, ia juga mengkritik sikap AS yang selalu menuntut Iran memenuhi komitmen di kesepakatan nuklir (JCPOA). Padahal AS sendirilah yang keluar secara sepihak dari kesepakatan tersebut.

“AS dalam masalah nuklir benar-benar tidak tahu malu. Meski ia jelas-jelas keluar dari JCPOA, namun kini ia berbicara dengan nada menuntut, seolah Republik Islam Iran-lah yang keluar dari perjanjian dan mengingkari komitmennya,” kata Ayatullah Khamenei.

Pemimpin Tertinggi Iran ini menilai, negara-negara Eropa sekutu AS pun sama saja dengan Washington dalam pengingkaran janji dan kekurang ajarannya.

“Mereka sama seperti AS, selalu menuntut saat berbicara. Seolah Iran-lah yang mengolok-olok perundingan dan menginjak-injaknya,” tandasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Kenapa Teror Yahya al-Sinwar Jadi Prioritas Israel?

Biden Dikecam Gara-gara Kelakar Soal Afghanistan

DISKUSI: