Ini Pesan-pesan Kunjungan Menlu Iran ke Lebanon

0
235

Beirut,LiputanIslam.com-Harian al-Akhbar menulis, kunjungan Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian ke Beirut mengirim sejumlah pesan penting. Di antara pesan-pesan itu adalah:

Pertama, lawatan ini dilakukan Abdollahiandalam sebuah rangkaian kunjungan ke Rusia dan Suriah. Ini menunjukkan bahwa bagi Iran,. posisi strategis Lebanon sangat penting dalam level politik dan keamanan. Kunjungan Abdollahian ke Lebanon dilakukan setelah lawatannya ke Irak pada 28 Agustus silam. Ini menandakan bahwa kesetaraan urgensi Beirut dan Baghdad bagi Teheran.

Kedua, lawatan Abdollahian ke Lebanon mengirim pesan kepada pihak luar bahwa Teheran masih menempatkan perang melawan Israel di puncak prioritasnya. Hal ini ditegaskan kembali oleh pertemuan Menlu Iran dengan Sekjen Hizbullah Sayyid Hasan Nasrallah.

Ketiga, lawatan ini dilakukan setelah langkah pertama pematahan blokade Lebanon melalui pengiriman tanker BBM ke Lebanon di tengah ancaman-ancaman asing. Ini menegaskan bahwa Iran siap mengambil lebih banyak tindakan untuk mematahkan blokade dan menyokong Hizbullah dalam menghadapi perang ekonomi atas Lebanon yang dipimpin AS.

Abdollahian dalam lawatannya ke Lebanon menyatakan, Teheran siap menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan Beirut.

Menlu Iran juga menegaskan, Teheran siap melanjutkan pengiriman BBM ke Lebanon. (af/fars)

Baca Juga:

Ditemui Menlu Iran, Sekjen Hizbullah: Iran Buktikan Kesetiaan kepada Sekutunya

Rakyat Aljazair Tuntut Pengusiran Dubes dan Boikot Produk Prancis

DISKUSI: