Ini Alasan Banyak Pihak di Irak yang Musuhi al-Hashd al-Shaabi

0
327

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang penulis Irak Hasam al-Hajj Husain dalam artikelnya menyatakan, ada sejumlah alasan kenapa pihak-pihak domestik dan mancanegara memusuhi al-Hashd al-Shaabi, serta berusaha menyingkirkan, atau setidaknya melemahkannya.

Al-Hajj Husain menyebut bahwa faksi perlawanan Irak ini dimusuhi lantaran menjadi penghalang dilaksanakannya 3 proyek penting di Irak. Tiga proyek berbau konspirasi itu adalah:

Pertama, pemecahbelahan dan separatisme. Al-Hajj Husain berpendapat, tampaknya para pemimpin rakyat Irak telah menyepakati strategi jangka menengah untuk membagi negara ini menjadi 3, yaitu Barzani di utara, al-Halbusi di Barat, dan salah satu dari para pemuka Syiah di selatan dan tengah Irak.

Kedua, normalisasi hubungan dengan Rezim Zionis. al-Hashd al-Shaabi menjadi target penyingkiran lantaran sikap tegas dan terbukanya soal isu Palestina. Menurut al-Hajj Husain, organisasi ini tampaknya akan dipaksa membayar konsekuensi mahal, cepat atau lambat, atas pengambilan sikapnya dalam konfrontasi terbaru Palestina versus Israel.

Ketiga, pembuatan kawasan penghalang. Berdasarkan proyek ini, Irak akan diubah menjadi sebuah kawasan penghalang, dengan tujuan mengeringkan sumber-sumber dukungan untuk Poros Resistansi dan menciptakan sebuah tembok penghalang antara Iran, Suriah, Lebanon, dan Gaza. Jika proyek ini terlaksana, jalur komunikasi antara Teheran dan Beirut akan terputus, sebagaimana yang dikatakan sendiri oleh orang-orang AS. (af/fars)

Baca Juga:

Sinwar Bicara Soal Angka Misterius “1111”, Apa Artinya?

Mulai Gunakan Drone, Poros Resistansi Irak Bikin AS Cemas

DISKUSI: