TelAviv,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Israel mengapresiasi langkah pemerintah Inggris yang memberlakukan sanksi atas Hizbullah Lebanon. Israel Katz menyebutnya sebagai sebuah langkah untuk menghadapi Iran.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Inggris, lantaran menjatuhkan sanksi atas sayap politik Hizbullah, yang dinyatakan sebagai kelompok teroris. Ini adalah capaian besar dalam perlawanan Israel terhadap Iran dan proksi-proksinya,”cuit Katz dalam akun Twitter-nya.

Katz mengunggah foto pertemuannya beberapa pekan lalu dengan Dominic Raab (menlu Inggris), dan menambahkan,”Saya mengajukan permintaan ini saat bertemu Dominic Raab. Saya berterima kasih kepadanya atas keputusan ini.”

Kementerian Keuangan Inggris pada hari Jumat (17/1) mengumumkan telah mencantumkan Hizbullah dalam daftar sanksi. Sama seperti negara-negara Eropa lain, Inggris membagi Hizbullah kepada sayap politik dan sayap militer. Sebelum ini, London hanya menjatuhkan sanksi atas sayap militer Hizbullah. Namun kebijakan ini berubah dalam beberapa bulan terakhir, dan akhirnya berujung pada dijatuhkannya sanksi terhadap Hizbullah secara keseluruhan.

Pemerintah AS sudah lama menekan negara-negara Eropa untuk menjatuhkan sanksi atas keseluruhan Hizbullah, bukan sayap militernya saja. Padahal, Hizbullah merupakan salah satu kelompok politik terpenting di Lebanon. Dengan tindakan ini, Washington praktis menempatkan keseluruhan Lebanon di ambang sanksi. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Dituduh Menyerang Tentara Israel, Wanita Setengah Baya Palestina Ditangkap

Rampas Tanah Palestina, Israel Akan Bangun ‘Cagar Alam’ di Tepi Barat

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*