Inggris akan Jatuhkan Sanksi atas Para Pembunuh Khashoggi

0
66

London,LiputanIslam.com-Menlu Inggris Dominic Raab pada hari Senin (6/7) menyatakan, sanksi-sanksi yang diberlakukan London sejak kemarin meliputi orang-orang yang membantu pembunuhan atas Jamal Khashoggi.

“Orang-orang yang tangan mereka berlumur darah tidak bisa memasuki Inggris dengan leluasa. Kami bekerjasama dengan Kanada dan AS untuk menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar HAM,”kata Raab.

Ia menambahkan, sanksi-sanksi ini juga mencakup orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan Sergei Magnitsky, pengacara Rusia yang meninggal di penjara Negeri Beruang Merah.

“Sanksi-sanksi akan diberlakukan atas orang-orang yang berperan dalam pembunuhan Magnitsky, Khashoggi, dan para pelanggar hak etnis Rohingya,”ujar Menlu Inggris.

Raab mengumumkan, sanksi-sanksi baru Inggris meliputi 20 warga Saudi, 25 warga Rusia, dua perwira militer Myanmar, dan 2 organisasi Korut.

Seperti diketahui, Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 di konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Dia dibunuh dan dimutilasi oleh tim teror berjumlah 15 orang yang dikirim dari Riyadh.

Setelah sempat membantah terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, pemerintah Saudi akhirnya mengakui misi itu dilakukan kelompok yang ‘terlalu berinisiatif.’ Pengadilan atas 11 orang yang dituduh terlibat telah dimulai pada tahun 2019 lalu. (af/alalam)

Baca Juga:

Buntut Kasus Khashoggi, Turki dan Saudi Saling Blokir Situs Berita

Tanggapi Tuduhan Dubes Inggris, Ansharullah: Ikan di Laut Lebih Penting bagi Inggris dari Nyawa Rakyat Yaman

DISKUSI: