Hosni Mubarak Meninggal Dunia

0
120

Kairo,LiputanIslam.com-Hosni Mubarak, mantan presiden Mesir yang digulingkan dalam revolusi rakyat pada 2011 lalu, dikabarkan telah meninggal dunia hari ini (Selasa 25/2).

Media-media yang dekat dengan pemerintahan Mesir, termasuk situs Youm 7, telah melaporkan kabar kematian Mobarak.

Menurut laporan ini, para sahabat dan kerabat Alaa, putra Mubarak, mengirimkan pernyataan belasungkawa kepadanya melalui media sosial. Hingga kabar ini diturunkan, keluarga Mubarak masih bungkam dan belum merilis statemen resmi terkait kematiannya.

Sebelum ini, Alaa Mubarak mengumumkan kondisi gawat ayahnya. Mubarak menjalani perawatan khusus di salah satu rumah sakit Mesir.

Televisi Mesir juga telah memberitakan kematian mantan presiden tersebut.

Hosni Mubarak terpaksa lengser dari kekuasaan pada 25 Januari 2011, menyusul meluasnya protes dan revolusi rakyat terhadap rezim diktatornya. Mubarak lalu dipenjara atas tuduhan telah membunuh kelompok revolusioner, korupsi dari anggaran kepresidenan untuk membangun istana kepresidenan, dan berbagai dakwaan korupsi lainnya. Ketika kondisi kesehatannya menurun drastis, dia lalu dipindahkan ke rumah sakit militer al-Maadi.

Setelah Abdel Fatah el-Sisi menjabat sebagai presiden Mesir, pengadilan negara itu mencabut semua dakwaan dari Mubarak. Dia lalu dibebaskan dari rumah sakit militer dan pulang ke rumahnya sampai ajal menjemputnya. (af/fars)

Baca Juga:

Hamas: Israel akan Membayar Mahal Jika Memperluas Serangan ke Gaza

Pelajaran Penting dari Krisis Suriah

DISKUSI: