Hizbullah Tak akan Terpancing ke Perang Saudara

0
274

Beirut,LiputanIslam.com-Ketua Dewan Eksekutif Hizbullah, Hisyam Shafiuddin mengatakan, ada orang-orang yang ingin mengulang pengalaman perang saudara, yang membuat sengsara rakyat Lebanon, terutama kaum Kristen.

Menurutnya, pihak-pihak itu ingin memicu perang saudara dengan dalih “melindungi masyarakat Kristen dari ancaman.”

“Kami tidak akan terseret ke dalam perang saudara. Semua orang, besar dan kecil, harus tahu bahwa Hizbullah tidak dibentuk untuk perang di jalanan, pasar, dan gang-gang. Hizbullah didirikan untuk memerangi kaum arogan dunia di kawasan kita, terutama AS dan Israel. Hizbullah menjadi kuat dan menang dalam hal ini,”tandasnya.

Di lain pihak, Ketua Fraksi Hizbullah di Parlemen, Muhammad Raad menegaskan bahwa kelompoknya tidak akan terpancing ke arah perang saudara.

Sembari menegaskan bahwa darah syuhada di Beirut tidak akan tersia-sia, Raad berkata bahwa kejahatan yang dilakukan orang-orang dari al-Quwwat al-Lubnaniyah akan disikapi dan ditindak secara khusus. Namun, tegasnya, Hizbullah tidak akan terseret menuju perang saudara, juga tak akan mengancam ketenangan dan perdamaian dalam negeri.

“Hizbullah menghendaki dibentuknya Pemerintahan tanpa syarat apa pun. Namun ada sebagian pihak di Lebanon yang tidak menginginkan baik Najib Miqati maupun Saad al-Hariri. Pada dasarnya mereka menolak Pemerintahan. Di antara orang-orang ini adalah mereka yang menumpahkan darah warga Lebanon melalui para penembak jitu, dengan tujuan mengacaukan kedamaian internal Lebanon,” tegas Raad.

Sebelum ini, jurnalis ternama Lebanon, Hosein Mortada di laman Twitter-nya mengungkap identitas salah satu penembak jitu, yang menembaki para pengunjuk rasa dari Hizbullah dan Amal di depan gedung Pengadilan Beirut.

Mortada melampirkan foto penembak jitu itu dan menulis,”Shukri Abu Shaab adalah anggota Badan Keamanan Lebanon, sekaligus salah satu pegawai Kedubes AS. Dalam insiden di Tayouneh dia ikut menembaki (pengunjuk rasa) dengan senapan jitu.” (af/fars/alalam)

Baca Juga:

Atwan: Konspirasi AS-Israel untuk Picu Konflik Sektarian di Timteng akan Gagal

Kekuatan Ansarullah Yaman di Ma’rib dan Shabwah kian Meluas

DISKUSI: