Atwan: Konspirasi AS-Israel untuk Picu Konflik Sektarian di Timteng akan Gagal

0
367

Beirut,LiputanIslam.com-Redaktur Rai al-Youm, Abdel Bari Atwan, menilai sejumlah peristiwa di Irak, Suriah, dan Lebanon baru-baru ini sebagai konspirasi AS-Zionis utnuk menyulut perang saudara di Timteng.

“Penembakan ke arah pengunjuk rasa di Beirut yang menewaskan 5 orang dan melukai 20 lainnya, serangan udara ke Suriah yang menewaskan 6 orang, dan kecurangan di Pemilu Irak, semua ini adalah persekongkolan AS-Israel untuk menyulut api perang saudara di Kawasan,”cuit Atwan di laman Twitter-nya.

“Konflik-konflik sektarian diciptakan demi mewujudkan kepentingan Israel dan mencuri gas Lebanon. Namun konspirasi ini tidak akan berjalan. Jika pun berjalan, kubu AS akan menjadi pecundang dan menelan kekalahan,”tandasnya.

Pada hari Kamis lalu, massa melakukan unjuk rasa damai di depan pengadilan untuk memprotes politisasi penyelidikan kasus ledakan pelabuhan Beirut. Mereka menjadi target tembakan ketika tiba kawasan Tayouneh pada pukul 10.45 waktu setempat. Massa ditembaki oleh para penembak jitu yang ada di atas beberapa bangunan, dan kemudian terjadi tembakan susulan yang intensif dan menyasar bagian kepala hingga menewaskan dna melukai sejumlah orang.

Ketua Dewan Eksekutif Hizbullah, Hasyim Shafiuddin menyatakan,” “Aparat keamanan memberitahu kami bahwa semua beres dan aman. Sebab itu, kami terus bergerak. Yang tidak diprediksi adalah adanya sebuah kelompok atau partai yang mengintai dan melakukan pembantaian. Keberadaan para penembak jitu yang mengincar kepala dan dada bukan hal kebetulan, tapi sebuah tindakan terencana.”

Ia menambahkan, kejadian pada hari Kamis lalu adalah bagian dari aksi yang dikelola oleh Kedubes AS di Lebanon, yang mendapat sokongan finansial dari sebagian negara Arab. (af/fars)

Baca Juga:

Kerusuhan Berdarah di Beirut, Hizbullah dan Gerakan Amal Minta Pendukungnya Tenang

Merasa Didiskriminasi, Iran: Percuma Jadi Anggota IAEA

DISKUSI: