Hina Hakim Lebanon, Dubes AS: Vonis Ini Gila!

0
39

Beirut,LiputanIslam.com-Dubes AS untuk Lebanon menyebut vonis pengadilan Lebanon atas dirinya sebagai “kegilaan.”

“Saya tidak menyangka bahwa wawancara saya dengan Anda akan berujung pada kegilaan semacam ini,”kata Dorothy Shea kepada stasiun televisi Saudi, al-Hadath. Yang dimaksud Shea adalah vonis yang melarangnya melakukan wawancara dengan media.

Dubes AS mengklaim, vonis yang dijatuhkan terhadap dirinya adalah keputusan personal. Shea menyatakan, semua peristiwa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa Lebanon membutuhkan “reformasi.”

“Warga Lebanon yang turun ke jalanan menghendaki sebuah pemerintahan yang tidak korup. Keinginan terpenting mereka adalah memiliki sistem peradilan yang independen,”ujar Shea.

Pada hari Jumat (26/6) lalu, Shea dalam wawancara dengan al-Hadath menuding Hizbullah menghalangi proses penanganan krisis ekonomi Lebanon. Dia juga menuduh Sekjen Hizbullah, Sayyid Hasan Nasrullah, sebagai “ancaman untuk stabilitas Lebanon.”

Pasca statemen kontroversial ini, Mohamad Mazeh, hakim di kawasan Tyre, selatan Lebanon, dalam keputusannya melarang Shea berbicara dengan media. Mazeh juga melarang media Lebanon dan asing yang beraktivitas di negara itu untuk mewawancarai atau berbicara dengan Dubes AS itu selama setahun ke depan.

Jika media-media di Lebanon, baik domestik maupun mancanegara, melanggar hukum ini, aktivitas mereka akan dibekukan selama setahun. Mereka juga harus membayar denda sebesar 200 ribu dolar AS.

Kemenlu Lebanon telah memanggil Shea pada hari Minggu (28/6) untuk mempertanggung jawabkan intervensinya dalam masalah internal negara tersebut. (af/fars)

Baca Juga:

Mantan Presiden Lebanon: Suriah akan Keluar dari Ujian “Hukum Caesar” dengan Kepala Tegak

Media Israel Laporkan Hizbullah Rencanakan Perang Pada Musim Panas Tahun Ini

DISKUSI:
SHARE THIS: