Hamas: Tepi Barat di Ambang Intifada Baru

0
256

TepiBarat,LiputanIslam.com-Wakil Ketua Kantor Politik Hamas, Salih al-Aruri mengatakan, Tepi Barat berada di ambang kebangkitan dan intifada baru terhadap Rezim Zionis Penjajah.

Dikutip dari situs Hamas, al-Aruri baru-baru ini terplih sebagai pemimpin Hamas di Tepi Barat. Ia menyatakan bahwa massa yang berduyun-duyun menghadiri pengiringan jenazah Wasfi Qabha telah menegaskan dukungan mereka untuk Resistansi.

Wasfi Qabha adalah salah satu petinggi Hamas. Dia meninggal di rumah sakit lantaran terpapar Corona.

“Tidak ada yang bisa menggantikan persatuan nasional. Hamas akan mengerahkan segala usahanya demi mewujudkan persatuan tersebut,”tandas al-Qaruri.

Ia menambahkan, orang-orang yang menghalang-halangi terwujudnya persatuan adalah mereka yang mencegah bangsa Palestina meraih kemenangan.

Intifada Pertama Palestina terjadi di tahun 1987. Kebangkitan ini berakhir dengan ditekennya Perjanjian Oslo pada tahun 1993.

Beberapa tahun berikutnya, Palestina menjadi saksi meletusnya Intifada Kedua pada September 2000, yang berlanjut hingga 2005.

Di tahun 2015, rakyat Palestina melakukan unjuk rasa dan protes besar-besaran atas penghinaan Zionis terhadap Masjid Aqsa. Sebagian pihak menyebutnya sebagai Intifada Ketiga. Namun sebagian yang lain enggan menggunakan kata Intifada saat mendeskripsikan perlawanan tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Semua Tawanan Palestina akan Dibebaskan Hamas

Jihad Islam: Syekh Jarrah Jadi Garis Terdepan Pembelaan Norma Palestina

DISKUSI: