Hamas Sanjung Sikap Pemerintah Irak Tolak Normalisasi

0
232

Gaza,LiputanIslam.com-Hamas melalui Jubirnya, Hazim Qasim mengapresiasi sikap Pemerintah Irak yang membela norma Palestina dan menentang normalisasi hubungan dengan Israel.

“Kami menghargai sikap pimpinan dan rakyat Irak dalam menentang normalisasi hubungan dengan Rezim Penjajah, juga dukungan mereka untuk norma Palestina. Irak selalu menjadi pembela norma Palestina dan perlawanan sah bangsa Palestina terhadap Rezim Zionis,”kata Qasim.

Otoritas Irak, mulai dari Perdana Menteri, Presiden, Ketua Parlemen, dan faksi-faksi politik menentang keras pertemuan di Kurdistan yang menyerukan normalisasi dengan Tel Aviv.

Sumber-sumber Irak mengabarkan, lebih dari 300 orang menghadiri sebuah pertemuan yang diadakan di kota Arbil, Kurdistan, dan menuntut agar Irak menormalisasi hubungan dengan Israel.

Ketua Kongres Sahwah al-Iraq, Ahmad Abu Risha dalam statemennya menyinggung orang-orang yang mengadakan pertemuan dengan mengatasnamakan kelompok ini. Abu Risha menyatakan,”Kami dari sini, berdasarkan komitmen moral dan tanggung jawab, mengumumkan bahwa orang-orang ini tidak mewakili siapa pun. Mereka tidak pernah diberi wewenang untuk menyalahgunakan label suku atau kawasan untuk berbicara tentang topik yang sangat jauh dari mereka.”

Kementerian Urusan Internal Kurdistan Irak melayangkan peringatan keras kepada penyelenggara konferensi pronormalisasi di Arbil.

“Di work shop tersebut ada sejumlah omongan dan statemen yang tidak selaras dengan kebijakan resmi Otoritas Kurdistan Irak, juga tidak mewakili kebijakan kawasan ini. Sebab itu, Kementerian Urusan Internal akan mengambil tindakan hukum atas oknum-oknum yang menyelewengkan work shop itu, serta menghukum para pelanggar, siapa pun mereka,”tegas Kementerian Urusan Internal Kurdistan.

Baca Juga:

Hamas Sebut Israel Berikan Sinyal Positif soal Pertukaran Tawanan

Massa di Yordania Berunjuk Rasa Anti Perjanjian Gas dengan Israel

DISKUSI: