Hamas: Kami Bangga Jalin Hubungan dengan Iran

0
241

Gaza,LiputanIslam.com-Ketua Kantor Hubungan Arab-Islam Hamas menyatakan, pihaknya berusaha dengan segala cara untuk mencabut blokade Jalur Gaza.

“Kami merasa bangga menjalin hubungan dengan Iran. Kami tidak menyembunyikannya. Selama dukungan diperuntukkan bagi Palestina dan Quds, kami akan menyambutnya,”kata Khalil al-Hayyah, dilansir kantor berita Shahab.

Ia menjelaskan, Iran memberikan segala bentuk dukungan kepada Hamas, dan dukungan ini masih terus berlanjut. Menurut al-Hayyah. Sokongan-sokongan Iran adalah faktor yang memperkuat Resistansi di Palestina.

Kepada negara-negara yang menormalisasi hubungan dengan Rezim Zionis, al-Hayyah berkata,”Negara, individu, atau lembaga yang menormalisasi (hubungan) dengan Israel, pada hakikatnya menikam rakyat Palestina dengan belati dari belakang.”

Ia menegaskan, Hamas membedakan isu pertukaran tawanan dengan masalah pencabutan blokade Gaza. Al-Hayyah menuding Rezim Zionis menghalang-halangi proses pertukaran tawanan.

“Kami menolak sebuah gencatan senjata jangka panjang tanpa mendapatkan sebuah kesepakatan fundamental politik yang menjamin dibentuknya negara Palestina…Kami tidak menerima gencatan senjata jangka panjang sebagai imbalan dibukanya perlintasan dan pencabutan blokade,”tegas al-Hayyah.

Ia menyatakan, Rezim Zionis tidak bersedia membayar harga pertukaran tawanan. Sebab itu, kata al-Hayyah, masih terlalu dini untuk menyatakan bahwa pertukaran tawanan sudah dekat.

Seraya mengecam koordinasi keamanan Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA) dengan Israel, al-Hayyad berkata,”Hari ini PNA telah menjadi beban di pundak proyek nasional Palestina.” (af/alalam)

Baca Juga:

Hamas: Keadaan Semakin Menjurus pada Eskalasi Palestina-Israel

Orientalis Israel: Iran Konsisten Pada Prinsip AS Tak Mengerti Kecuali Bahasa Kekuatan

DISKUSI: