Guardian: Slogan Trump “America First” Terwujud, dalam Kasus Corona!

0
644

Washington,LiputanIslam.com-Richard Wolffe, analis harian The Guardian Inggris, dalam kolomnya mengkritik kebijakan Donald Trump dalam menghadapi penyebaran Corona.

Di awal kolomnya, Wolffe mengutip pernyataan Trump saat kampanye pilpres 2016 lalu:”Mulai hari ini hingga nanti, sebuah visi baru akan menata negeri kita. Sejak saat ini, Amerika selalu (menjadi) pertama…Saya akan berjuang dengan tiap helaan nafas untuk kalian. Saya tak akan pernah meninggalkan kalian sendirian. Amerika akan kembali meraih kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelum ini.”

“Dengan demikian, AS kini menjadi pemenang, yang sebelum ini belum pernah dicapainya. AS kini menjadi yang pertama di tengah negara-negara lain,”sindir Wolffe.

“Kabar-kabar yang menunjukkan AS di masa Trump menduduki peringkat pertama jumlah pengidap Corona di dunia, seharusnya bukan kabar yang menyenangkan bagi siapa pun. Fakta bahwa AS sejak hari pertama bencana ini mencatat rekor pengangguran-3,3 juta dalam satu pekan-menunjukkan betapa ‘luar biasanya’ kepemimpinan Trump,”imbuh Wolffe.

Menurut kolomnis Guardian ini, Trump merepresentasikan kegagalan terbesar dalam sejarah kepresidenan AS. Wolffe mengatakan, Trump telah membuat AS kembali ‘besar,’ yang tak bisa dibayangkan siapa pun.

“Bagaimana cara Trump mengingat periode sejarah kelam ini? Tentu dengan memuji dirinya sendiri. Andai dia adalah presiden AS saat Jepang menyerang Pearl Harbour (di Perang Dunia II), dia akan mengklaim bahwa Pearl Harbour mengkonfirmasi bahwa dia telah membuat kapal induk terbesar di dunia,”pungkas Wolffe. (af/alalam)

Baca Juga:

Nasrallah: Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Lebih Berbahaya Daripada Perang Dunia  

Iran Akan Tingkatkan Daya Ledak dan Kecepatan Rudalnya

DISKUSI: