Gempur Sarang Mossad, Iran Tak Dipandang Langgar Kedaulatan Irak

0
280

Baghdad,LiputanIslam.com-Serangan rudal IRGC ke sarang Mossad di Erbil, Kurdistan Irak, baru-baru ini dikritik sebagian pihak. Mereka menuding bahwa Teheran dengan tindakan ini telah melanggar kedaulatan Irak.

Menanggapi tudingan tersebut, seorang politisi Irak menyatakan bahwa tuduhan yang dialamatkan ke Iran adalah penggunaan standar ganda dalam masalah kedaulatan negara-negara.

“Jika kita membicarakan pelanggaran kedaulatan, jet-jet kita juga menyerang beberapa teroris, seperti Qardash dan selainnya, di Suriah. Apakah ini bukan pelanggaran? Jika hal ini dikoordinasikan dengan Damaskus sebelumnya, Teheran juga berkata telah menjalin koordinasi dengan Baghdad sebelum serangan,” tutur Aid al-Hilali kepada Baghdad al-Youm.

Anggota Komite Koordinasi Partai-partai Syiah ini menilai Pemerintahan Federal Irak sebagai “pemerintahan yang lemah.” Hal ini dikarenakan Baghdad tidak melayangkan pengaduan internasional saat Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis diteror AS.

Semua harus ingat bahwa Iran lah yang berperan dalam menjaga kedaulatan Irak, yaitu ketika orang-orang Iran dikirim dan membantu pasukan kita dalam menumpas ISIS,” tegas al-Hilali.

“Sebab itu, Iran tidak seyogianya dikecam atas dalih pelanggaran kedaulatan Irak. Teheran telah memberitahu Baghdad soal keberadaan orang-orang Israel, yang telah menargetkan sejumlah tokoh Iran,”imbuhnya. (af/fars)

Baca Juga:

Peneror Ilmuwan Nuklir Iran Direkrut oleh Basis Mossad di Erbil

Hacker Bobol Data Pribadi dan Informasi Rahasia Direktur Mossad

DISKUSI: