Gargash: Normalisasi Hubungan UEA-Israel Bukan untuk Bentuk Kelompok Kontra Iran

0
131

AbuDhabi,LiputanIslam.com-Menteri Penasihat Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, mengaku bahwa kesepakatan negaranya dengan Rezim Zionis tak ada kaitannya dengan Iran.

“Masalah ini hanya berhubungan dengan UEA, Israel, dan AS. Tujuan kesepakatan ini bukan untuk membentuk kelompok kontra Iran,”kata Gargash kepada Bloomberg.

“Kami memiliki hubungan sangat rumit dengan Iran. Iran adalah tetangga kami. Namun di saat bersamaan, ada sejumlah perselisihan pendapat tentang kebijakan regional,”imbuhnya.

Gargash juga menyatakan, UEA ingin mengimplementasikan kesepakatan normalisasi dengan Israel sesegera mungkin.

Sembari menyebut bahwa kesepakatan ini bukan simbolis belaka, ia berharap bahwa selain pembukaan kedubes kedua belah pihak, kerjasama bilateral di bidang pertanian, kebutuhan pangan, keamanan siber, pariwisata, teknologi, dan perdagangan juga bisa dijalin.

Gargash menegaskan, para turis Israel bisa mengunjungi UEA dalam waktu dekat.

Dalam beberapa tahun terakhir, UEA mengerahkan banyak upaya di pentas media dan kebijakan luar negeri, mulai dari pengiriman bantuan medis hingga pertemuan pejabat dan partisipasi dalam kompetisi olahraga. Tujuannya adalah menyiapkan opini publik, baik dalam atau luar negeri, untuk menormalisasi hubungan dengan Rezim Zionis.

Diprediksi bahwa setelah UEA, negara-negara Bahrain, Saudi, dan mereka yang dekat dengan Riyadh akan melakukan tindakan serupa.

Baca Juga:

Netanyahu Nyatakan Israel Tetap akan Mencaplok Tepi Barat

Susah Payah Ingin Perpanjang Embargo Iran, AS Cuma Dapat Dukungan Negara Kecil

DISKUSI: