Heboh George Kordahi, Hizbullah: Kehormatan Lebanon Tak Dapat Perdagangkan

0
200

Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon menegaskan bahwa Palestina merupakan tolok ukur Arabisme dan bahwa martabat dan kehormatan Lebanon tak dapat diperjual belikan.

Syekh Nabil Qawouk, anggota Dewan Pusat Hizbullah, dalam sebuah acara Hari Syahid di Beirut Selatan, Ahad (14/11) seakan menyindir pernyataan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati terkait dengan heboh kecaman Menteri Informasi Lebanon George Kordahi terhadap invasi militer Saudi dan sekutunya terhadap Yaman.

Syeikh Qawouk mengangkat isu kemaslahatan nasional Lebanon, jargon yang belakangan ini dipakai oleh Mikati dalam konteks yang mendesak Kordahi supaya mengundurkan diri.

Mikati berpesan kepada Kordahi untuk “mengendalikan perasaannya, menimbang situasi, mengambil sikap yang perlu diambil, dan mengutamakan kemaslahatan nasional atas slogan-slogan kerakyatan.”

Syeikh Qawouk menegaskan bahwa kemaslahatan nasional adalah segalanya bagi Lebanon, tapi tak berarti harus menuruti segala kehendak pihak luar negeri.

“Kemaslahatan nasional dari ujung ke ujung berarti pemeliharan persatuan nasional dan stabilitas dalam negeri, dan bukan eksesivitas dalam keduanya demi memuaskan siapapun,” ujar Syeikh Qawouk.

Dia menambahkan, “Kehormatan nasional sangatlah mahal, sebab kita telah membuat dan melindunginya dengan darah tersuci, dan kita tak akan pernah menerimanya menjadi ajang pemerasan dan perdagangan di depan orang yang terhina oleh kehormatan ini.”

Dia juga menegaskan, “Orang-orang yang menyerang kubu resistensi (Hizbullah), slogan mereka melebihi kapasitas mereka, peningkatan volume suara mereka adalah ekspresi kekecewaan dan kebangkrutan mereka.”

Syekh Nabil Qawouk lantas mengecam negara-negara Arab penormalisasi hubungan dengan Israel, yang sebagian di antaranya juga bermasalah dengan Kordahi.

“Palestina adalah tolok ukur dan inti Arabisme yang tulen, semua Arab yang menjauh dari Palestina adalah Arab yang dicurigai, dan Arab yang bersekutu dengan musuh, Zionis, adalah Arab yang terzioniskan, palsu, bukan bagian dari kita dan kitapun bukan bagian dari mereka, dan mereka adalah bahaya bagi keamanan nasional Lebanon dan kawasan,” tegasnya. (mm/alalam)

Berita Terkait:

Himpunan Ulama Lebanon Menentang Desakan Pencopotan Menteri George Kordahi

George Kordahi Mengaku Tak akan Mundur dan Mengubah Sikap

DISKUSI: