Faksi Resistansi Tegaskan Irak Tak akan Lakukan Normalisasi dengan Israel

0
183

Baghdad,LiputanIslam.com-Pemimpin Gerakan Hikmah Nasional Irak, Sayyid Ammar Hakim menyatakan, Irak tidak akan menormalisasi hubungan dengan Rezim Zionis.

“Salah besar jika ada yang menyangka bahwa Irak suatu saat nanti menaiki gerbong normalisasi dengan Rezim Zionis. Kami akan selalu membela Palestina dan tuntutan-tuntutan sah bangsa Palestina. Kami menolak tegas normalisasi hubungan dengan Israel,”kata Hakim kepada stasiun televisi al-Sharqiya.

Hakim juga bicara soal pemilu yang akan diadakan 10 Oktober mendatang. Menurutnya, kantor Ayatullah Ali Sistani telah merilis seruan kepada rakyat Irak untuk berpartisipasi dalam Pemilu. Selain itu, aparat keamanan juga berupaya untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Semua ini, kata Hakim, akan memberi peluang kepada rakyat Irak untuk lebih aktif berpartisipasi dalam Pemilu sekarang dibanding Pemilu tahun 2018 silam.

Terkait al-Hashd al-Shaabi, Hakim menilainya sebagai sebuah lembaga di sisi Tentara, Polisi, dan Peshmarga yang memiliki nilai strategis di sistem pertahanan nasional Irak.

“Saya membela prinsip bahwa al-Shaabi adalah sebuah lembaga independen dan memandangnya sebagai sebagai keharusan strategis bagi Irak. Saya akan menjadi orang pertama yang menentang pembubaran atau peleburan al-Shaabi di lembaga-lembaga keamanan lain,”tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Khazali: UEA Bisa Saja Memanipulasi Hasil Pemilu Irak

Al-Amiri: Pasukan Pembebasan Quds akan Bertolak dari Irak

DISKUSI: